Dalam perekonomian, tentu harga akan sangat mempengaruhi berbagai hal. Begitu pula dalam ekspor kelapa sawit yang dilakukan oleh Indonesia, tentu akan sangat memperhatikan masalah harga. Apalagi kelapa sawit merupakan komoditi yang sangat menjanjikan di Indonesia. Perlu diketahui bahwa pt triputra agro persada merupakan perusahaan industri kelapa sawit besar di Indonesia yang sudah mampu mengekspor hasil olahan kelapa sawit dalam jumlah yang relatif banyak. Harga dari kelapa sawit ini tentu akan sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Hal yang Membuat Naik Turun Harga Kelapa Sawit

Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi harga dari kelapa sawit, yaitu sebagai berikut.

  • Permintaan dan persediaan

Harga kelapa sawit tentu akan sangat dipengaruhi oleh permintaan dan persediaan. Apabila persediaan sedikit, tentu harga dari kelapa sawit tersebut akan semakin tinggi. Dan apabila permintaan kelapa sawit sedikit, tentu harga akan semakin rendah. Untuk itu perihal permintaan dan persediaan memang harus diperhatikan sebaik mungkin.

  • Harga komoditi minyak nabati

Minyak kelapa sawit merupakan salah satu minyak dengan jenis minyak nabati. Dengan demikian maka harga dari minyak kelapa sawit sangat erat kaitannya dengan harga minyak nabati. Dalam hal ini, keduanya berbanding lurus. Apabila minyak nabati memiliki harga tinggi, maka kelapa sawit juga akan ditarif dengan harga yang tinggi pula. Begitu pun sebaliknya. Minyak nabati yang paling mempengaruhi adalah harga dari minyak kedelai.

  • Cuaca

Hal yang cukup mempengaruhi harga kelapa sawit di pt triputra agro persada adalah cuaca. Mengelola kelapa sawit bukanlah hal yang mudah, apalagi lokasinya di hutan belantara. Jika cuaca tidak mendukung, maka pengelolaan kelapa sawit pun akan semakin sulit. Akibatnya, harga dari kelapa sawit pun akan meningkat. Sementara jika cuaca mendukung maka akan semakin mudah dalam mengelola kelapa sawit,

  • Kebijakan impor

Kebijakan impor dari negara yang melakukan impor minyak kelapa sawit akan sangat mempengaruhi harga. Karena bagaimanapun juga, negara yang mengimpor kelapa sawit akan begitu menentukan harga. Kebijakan impor negara pengimpor pun akan sangat menentukan harga.

Demikianlah beberapa faktor yang mempengaruhi harga dari kelapa sawit. Di pt triputra agro persada ini, harga kelapa sawit akan dipengaruhi faktor-faktor itu. Kebijakan pemerintah dalam negeri terkait ekspor pun akan berpengaruh terhadap harga.