Banyak orang beranggapan bahwa monumen bersejarah dan kuil kuno merupakan bangunan paling menonjol di Asia Tenggara. Hal tersebut karena bangunan tersebut memiliki gaya arsitektur yang bagus. Namun belakangan ini, terdapat banyak bangunan unik dan indah di Asia Tenggara yang megah dan tampak bersinar yang merupakan simbol modernisasi. Bangunan yang banyak dibangun belakangan tersebut merupakan salah satu contoh dari adanya modernisasi.

Bangunan Modern yang Unik

Bagi Anda yang gemar dengan arsitektur, Anda perlu mengetahui 7 bangunan modern yang paling unik di kawasan Asia Tenggara. Berikut ini akan diuraikan mengenai 7 bangunan yang paling unik di kawasan Asia Tenggara.

  • Bandara Suvarnabhumi, Bangkok, Thailand

Arsitektur dari bandara ini merupakan hasil dari kompetisi arsitektur internasional. Bangunan dari bandara sangat luas dan paling modern di Thailand. Bandara ini dirancang oleh Helmut Jahn. Bandara ini memiliki menara pengawas kontrol yang paling tinggi di dunia. Bangunan di bandara di desain dengan banyaknya sinar matahari yang masuk pada siang hari. Walaupun demikian di dalam bandara tidak terasa panas. Hal tersebut karena dibatasi dengan atap berteralis untuk menangkis cahaya yang masuk. Sehingga mengurangi jumlah penggunaan penyejuk ruangan.

  • Green School, Bali, Indonesia

Green school dapat memberi kesan bangunan yang memiliki integrasi dengan lingkungan alam. Konstruksi dari bangunan dibuat menggunakan bahan alami, yaitu dengan menggunakan bambu yang dapat tumbuh dengan cepat. Sementara itu bambu juga merupakan bahan yang ramah untuk digunakan karena menipisnya hutan hujan. Kemudian sekolah ini juga didukung dengan sumber energi inovatif seperti panel surya, generator vortex bertenaga hodro dan lain-lain.

  • Artscience Museum, Singapura

Bangunan ini merupakan salah satu daya tarik di Marina Bay Sands. Bangunan yang satu ini dirancang dengan tujuan untuk mewakili keramahan Singapura. Hal tersebut dapat dilihat dari bentuk dua tangan yang terbuka. Bentuk dari masing-masing ujung jari mempunyai rangkaian filter yang dapat digunakan untuk menarik cahaya alami sehingga dapat disalurkan menuju museum.

  • Hei Tower, Hanoi, Vietnam

Gedung pencakar langit ini merupakan bangunan besar yang merupakan gabungan dari dua persegi empat. Bentuknya yang kotak diharapkan dapat menjadikannya lebih banyak ruang. Kemudian bangunan apartemen yang modern dan ramping ini juga mempunyai taman besar lengkap dengan air mancurnya yang besar. Sementara itu adanya tumbuhan hijau dapat menciptakan suasana yang tenang bagi para penghuni.

  • Henderson Waves, Southern Ridges Walk, Singapura

Jembatan yang cukup penting ini berada di Singapura. Jembatan yang satu ini menampilkan struktur yang mengesankan. Jembatan ini memiliki panjang 274 meter dan terbuat dari gabungan baja dan kayu yang dikombinasikan dengan sebagian sisinya bergelombang.

  • CT Hub, Singapura

Bangunan besar dengan 11 lantai ini memiliki rancangan yang menarik karena didesain seperti bertakhtakan permata. Hal tersebut karena fasadnya memiliki pola kisi geometrik yang memiliki tampilan LED digital.

  • Petronas Twin Tower, Kuala Lumpur di Malaysia

Bangunan modern paling ikonik di Malaysia ini menjulang dengan ketinggian 500 meter. Bagi Anda yang menyukai ketinggian maka Anda dapat naik lift ke Skybridge yaitu jembatan tingkat dua, untuk dapat menikmati pemandangan Kuala Lumpur yang sangat mempesona.