Tidur merupakan aktivitas yang harus dijalani manusia setiap harinya, karena dengan tidur kita mengistirahatkan organ-organ tubuh kita. Dengan mengistirahatkan organ tubuh kita maka organ tubuh kita akan terhindar dari kelelahan dan menjadi lebih sehat. Oleh karena pentingnya tidur bagi kesehatan, kualitas tidur harus tetap dijaga, berikut adalah cara menjaga kualitas tidur.

Waktu Tidur Yang Cukup

Waktu tidur yang ideal untuk mengistirahatkan organ-organ tubuh kita adalah 7 sampai 8 jam sehari. Waktu tidur yang sedemikian harus dijaga sebisa mungkin agar tidak lebih dan tidak kurang. Tidur yang melebihi jam ideal istirahat justru akan menimbulkan masalah baru bagi kesehatan tubuh, begitu pun tidur kurang dari waktu ideal akan menimbulkan permasalahan bagi kesehatan. Jadi agar tidur Anda menjadi berkualitas pastikan jam tidur Anda pada jam-jam yang ideal saja.

Posisi Tidur

Kualitas tidur juga sangat dipengaruhi posisi tidur, posisi tidur yang benar akan mengakibatkan metabolisme dan proses bekerjanya hormon menjadi lebih optimal. Sebaliknya posisi tidur yang salah akan mengakibatkan masalah pada tubuh, masalah yang sering ditimbulkan akibat posisi tidur yang salah seperti permasalahan sendi.

Posisi tidur yang paling ideal adalah ketika memosisikan tulang dan tubuh sesuai dengan bentuknya. Posisi tidur terlentang dengan badan lurus adalah posisi yang paling ideal untuk membiarkan persendian Anda rileks dan hormon yang dibutuhkan tubuh bekerja secara optimal. Posisi tidur yang ideal bisa dicapai dengan menggunakan kasur dan tempat tidur yang nyaman.

Menggunakan Bantal

Untuk meningkatkan kualitas tidur, selain menggunakan kasur yang empuk agar menyesuaikan posisi tubuh, Anda juga perlu menggunakan bantal. Penggunaan bantal akan membantu leher Anda mencapai posisi yang paling ideal. Yang perlu Anda perhatikan ketika memilih bantal adalah pilihlah bantal yang empuk, sehingga tidak membuat kepala Anda terasa sakit. Kemudian pilihlah ukuran bantal yang sesuai dengan panjang leher Anda, jangan gunakan bantal yang terlalu tinggi karena akan menghambat sirkulasi udara dan mengganggu pernafasan serta membentuk tulang punggung yang salah.