Gunung Bromo merupakan destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, tidak hanya oleh wisatawan dalam negeri saja, akan tetapi banyak wisatawan dari manca negara ingin mendatangi gunung Bromo ini. Tidak heran jika gunung Bromo menjadi salah satu destinasi wisata internasional yang dimiliki oleh Indonesia, karena memang gunung Bromo menyajikan pemandangan yang begitu indah dan memanjakan mata. Oleh karena itu, untuk mencapai lokasi wisata ini terdapat beberapa jalur yang bisa Anda lewati.

Akses Menuju Gunung Bromo

Untuk mencapai gunung Bromo terdapat dua jalur yang biasa dilalui, yaitu jalur Probolinggo dan jalur malang. Kedua jalur ini menjadi lebih sering dilewati karena sudah tersedia fasilitas untuk sampai ke Bromo dengan mudah.  Kita asumsikan pengunjung merupakan warga luar daerah Jawa timur, untuk mencapai gunung Bromo Anda harus menuju ke terminal bungurasih di Surabaya terlebih dahulu. Terminal bungurasih bisa diakses dengan mudah dari bandara maupun dari stasiun kereta.

Via Probolinggo

Setibanya di terminal bungurasih jika Anda hendak menuju Bromo via Probolinggo Anda harus menggunakan bus patas Surabaya-Probolinggo. Setibanya di terminal Probolinggo Anda harus menggunakan transportasi umum lainnya yaitu Elf. Mobil Elf ini akan membawa Anda menuju cemoro lawang yang merupakan jalur menuju gunung Bromo. Mobil Elf mulai beroperasi dari pukul 08.00 pagi sampai pukul 14.00 siang, jadi jangan sampai terlambat. Sesampainya di cemoro lawang Anda harus menggunakan jip/hardtop untuk sampai di gunung Bromo.

Via Malang

Selain lewat jalur cemoro lawang di Probolinggo, untuk sampai ke lokawisata gunung Bromo Anda juga bisa melewati jalur malang. Dari terminal bungurasih di Surabaya Anda harus mencari bus dengan rute Surabaya-malang, Anda akan tiba di terminal arjosari dengan menggunakan bus tersebut. Sesampainya di terminal arjosari Anda harus menaiki angkutan umum menuju desa tumpang, sebelum nantinya dari desa tumpang Anda akan menaiki jip/hardtop untuk sampai di gunung Bromo.

Bagi Anda yang tidak sempat untuk mengurusi transportasi sendiri, atau ingin cara yang lebih mudah tidak ribet Anda bisa menggunakan jasa trip ke Bromo dari nahwatour.com.