Ketua dari Dewan masyarakat Adat Wilayah Mepago yang bernama John Gobai mengatakan masyarakat Papua itu harus ikut andil dalam negosiasi masalah divestasi Freeport karena ini menyangkut lingkungan hidup masyarakat Papua. Memang wajar jika masyarakat Papua melakukan tuntutan ini karena yang dipertaruhkan adalah tempat tinggal mereka, jika dibiarkan terus menerus masalah dari PT Freeport ini bukan saja akan merugikan masyarakat juga akan membuat hidup mereka tidak nyaman.

Penyebab Terjadinya Tuntutan Dari Masyarakat Papua

Masalah mengenai divestasi Freeport dan juga semua masalah yang berhubungan dengan PT Freeport memang dari dulu sangat susah untuk diselesaikan. Penyebab ini datang bukan dari pemegang saham saja, tetapi datang juga dari masyarakat pribumi yang sering melakukan tuntutan kepada pemilik saham dan juga kepada pemerintah. Wajar jika ada tuntutan ini karena masyarakat merasakan dirugikan dengan adanya monopoli atas tambang emas yang dikelola oleh PT Freeport ini, selain itu penyebab di bawah ini juga mendasari atas tuntutan tersebut.

  • Kerusakan Lingkungan

Penyebab yang pertama adalah kerusakan lingkungan akibat dari proses penambangan emas yang dilakukan Freeport. Memang semua jenis penambangan baik itu emas, perak, atau timah pasti akan membuat lingkungan menjadi rusak. Hal ini disebabkan oleh pengerukan tanah yang sering dilakukan, jelas ini jika dibiarkan terus bisa menyebabkan longsor dan tanah menjadi tidak subur lagi. Jika sudah seperti itu bukan PT yang akan dirugikan tetapi masyarakat yang tinggal di sekitar tambang tersebut.

  • Pengurangan Lahan

Penyebab yang kedua adalah pengurangan lahan, setiap proses penambangan pasti akan mengikis lahan. Tidak akan mungkin penambangan akan dilakukan di satu tempat saja pasti akan merambah ke wilayah yang lainnya. Hal tersebut jelas akan membuat lahan yang dimiliki oleh masyarakat akan berkurang karena lahannya diambil untuk ditambang. Hal inilah yang membuat masyarakat melakukan protes atas kegiatan dari PT Freeport.

Itulah beberapa penyebab yang menjadi dasar tuntutan yang diajukan oleh masyarakat pribumi wilayah Papua, jika divestasi Freeport ini tidak cepat-cepat dilakukan maka semakin rusak lingkungan di sekitar PT Freeport tersebut.