Burung yang merdu memiliki nilai jual yang tinggi, selain itu bisa ikut dilombakan. Kesempatan untuk menang pun bisa terbuka lebar. Suara burung yang kencang , berirama dan memiliki tempo sendiri akan memberi poin di mata juri. Oleh sebab itu, ada pelatihan khusus yang bisa dilakukan untuk membuat burung bersuara merdu.

Pelatihan Rutin Pada Burung

Melatih burung yang tepat adalah dengan memahami karakter burung terlebih dahulu. Dengan begitu Anda bisa menganalisa bagaimana perawatan yang tepat untuk burung. Melatih burung sangat dianjurkan secara teratur meruntut pada perkembangan burung setiap kali latihan.

Kini saatnya untuk mengetahui bagaimana melatih burung supaya merdu. Berikut adalah caranya:

  • Latihlah burung secara berkala 2x seminggu pada kandang yang luas atau umbaran. Latihan ini untuk memaksimalkan suara. Selain itu, latihan ini diperuntukkan untuk meningkatkan volume suara yang sempat menurun juga untuk melatih otot-otot pada burung, agar dalam menghasilkan suara bisa maksimal. Atau untuk kasus tertentu di mana burung sangat memerlukan perbaikan suara, pelatihan ini bisa dilakukan setiap hari.
  • Selain kandang luas, ada pula cara melatih burung di tempat yang berisik. Letakan burung pada tempat-tempat yang sering sekali berisik dengan kendaraan atau lainnya. Cara ini dimaksudkan untuk memaksimalkan suara pada burung agar lebih keluar. Alternatif lain adalah dengan meletakan burung yang berlainan jenis atau jenis kelamin di seberang burung. Hal ini untuk merangsang suara pada burung agar lebih maksimal.

Nah, setelah membahas pelatihan apa yang cocok untuk melatih burung, ada baiknya mengenali juga faktor apa yang menyebabkan burung bersuara merdu ataupun tidak. Ada 3 faktor yang mempengaruhi kualitas suara burung yaitu faktor perawatan, karakter dan keturunan. Faktor keturunan memang ada persentasenya, terdapat burung yang memiliki suara merdu karena indukannya juga bersuara merdu.

Banyak pula burung yang bersuara kurang bagus karena indukannya tidak bersuara merdu. Jadi, ada kemungkinan jika burung yang Anda pelihara kurang merdu karena faktor keturunan. Selain faktor keturunan, perawatan pada burung juga berpengaruh terhadap kualitas suara. Tempat dan lingkungan hidup burung mempengaruhi suara burung.