Buah jeruk adalah salah satu buah yang cukup mudah untuk di budidayakan. Selain tidak membutuhkan lahan yang luas, buah jeruk juga cocok ditanam di negara dengan iklim tropis seperti di Indonesia. Salah satu jenis jeruk yang dibudidayakan secara besar-besaran di Indonesia adalah jeruk limau kasturi. Anda juga dapat menanam pohon jeruk kasturi tersebut di halaman atau kebun rumah Anda.

Manfaat Jeruk Kasturi

Jeruk kasturi adalah jenis jeruk yang tidak dapat dikonsumsi secara langsung, sebab memiliki rasa yang asam. Namun mengapa jeruk jenis ini cukup populer? Sebab, jeruk kasturi sangat cocok dijadikan bahan minuman. Jeruk jenis ini juga mengandung banyak air dan mineral. Sehingga akan mampu memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda. jika Anda tertarik untuk menanam pohon buah jeruk kasturi di rumah Anda, maka ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan.

Cara Budidaya Jeruk Kasturi

Hal pertama yang harus Anda persiapkan sebelum menanam pohon buah limau kasturi adalah bibit jeruk kasturi. Bibit ini bisa diperoleh dengan cara menyambung, stek, okulasi, atau cangkok. Anda bisa memilih bibi pohon jeruk kasturi dari bahan okulasi, sambung stek, atau bibit cangkokan. Anda dapat membuat lubang tanam dengan ukuran 40 cmx 40 cmx 40 cm dengan jarak antara lubang satu dengan yang lainnya adalah sekitar 3 m x 3 m. Setelah Anda membuat lubang tanam tersebut, maka seminggu kemudian Anda dapat memberikan pupuk kandang atau kompos serta air di bagian tengah pada lubang tanam tersebut.

Setelah Anda melakukan perawatan terhadap lubang tanam tersebut, maka seminggu kemudian pohon jeruk kasturi sudah siap untuk ditanam. Untuk waktu penanaman sebaiknya Anda melakukannya ketika musim hujan tiba. Untuk merawat pohon jeruk kasturi ini, Anda perlu melakukan pemangkasan pada batang yang sudah tua. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan tumbuhnya gulma dan dapat menjaga kelembaban tanah.

Dengan rutin melakukan pemangkasan, memberikan pupuk kandang, dan juga menyiram tanaman jeruk limau kasturi ini, maka tanaman ini akan tumbuh dengan subur dan menghasilkan buah yang berkualitas baik. kemudian, Anda dapat memanfaatkan buahnya untuk dijadikan sirup.