Raja Ampat adalah salah satu destinasi wisata alam yang banyak diincar oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Hal ini dikarenakan keindahan pulau dan juga eksotisme pesona alam bawah laut yang sangat khas dan tidak akan ditemui di tempat lainnya. Bagi Anda yang belum pernah mengunjungi gugusan pulau tersebut, maka ada beberapa cara yang dapat Anda pilih untuk sampai ke Raja Ampat.

Menggunakan Pesawat Terbang

Meskipun letaknya yang cukup jauh yaitu di Papua Barat, namun Anda tidak perlu khawatir. Sebab sudah terdapat beberapa maskapai domestik yang melayani penerbangan ke daerah tersebut. Kota di Papua yang akan Anda singgahi sebelum menuju ke Raja Ampat adalah Sorong. Anda dapat sampai ke Kota Sorong melalui penerbangan yang akan transit di Makassar ataupun Manado.

Jika Anda memilih maskapai yang transit di Makassar maka Anda akan menghabiskan waktu selama 6 jam perjalanan dari Jakarta menuju Sorong. Sedangkan untuk maskapai yang transit di Manado, maka Anda akan menempuh perjalanan selama 4 jam dari Jakarta menuju Sorong. Namun, jika Anda tidak ingin transit, maka Anda dapat menggunakan Maskapai Express Air dari Jakarta menuju Sorong dalam waktu perjalanan selama 4 jam. Setelah Anda sampai di Sorong, Anda akan menggunakan pesawat dari Maskapai Susi Air untuk menuju ke Raja Ampat.

Menggunakan Kapal Laut

Untuk menuju Raja Ampat dari Sorong, Anda juga dapat menggunakan fasilitas kapal laut. Beberapa fasilitas berupa Kapal Wisata, Kapal Perintis, dan Kapal ASDP akan mengantarkan Anda dari Sorong menuju Raja Ampat dengan rute Sorong menuju Sanoek dan juga Waisai. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan jasa tur atau naik perahu pinisi untuk sampai di Raja Ampat.

Transportasi Di Raja Ampat

Ketika Anda telah sampai di Raja Ampat, maka transportasi umum yang dapat Anda gunakan adalah perahu panjang dan speed boat. Untuk mendapatkan paket tur ke Raja Ampat yang lengkap, maka Anda dapat mengunjungi oasisrajaampat.id. Dengan menggunakan perahu panjang Anda akan menempuh perjalanan selama 2 hingga 3 jam untuk mengelilingi Raja Ampat. Sedangkan jika menggunakan speed boat maka Anda hanya perlu menempuh dengan waktu 1 jam 20 menit.