Indonesia adalah negara kepulauan, negeri yang terkenal dengan keindahan alamnya tersebut mampu menarik wisatawan asing untuk berkunjung. Adanya wisatawan yang berkunjung tersebut juga merupakan salah satu peluang bagi pelaku usaha untuk menggunakan jasa perhotelan. Perlu adanya ketersediaan kamar hotel untuk segmen pelancong atau wisatawan, maupun untuk pengusaha.

Peluang Menyegarkan Bisnis Perhotelan

Hotel dibagi sesuai dengan fasilitas yang dimiliki dan juga jumlah kamar. Secara umum, hotel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas hotel bintang dan kelas hotel melati. Untuk kelas hotel bintang sendiri, terdapat enam jenjang pada hotel, yaitu hotel bintang 6, hotel bintang 5, hotel bintang 4, 3, 2 dan 1. Kemudian untuk hotel melati dibagi menjadi tiga jenjang, yaitu hotel melati 3, hotel melati 2 dan hotel melati 1.

Bagi Anda yang ingin melakukan usaha, maka usaha yang satu ini dapat menjadi jalan yang baik bagi Anda. Kejelasan pangsa pasar untuk usaha ini dapat menjadi kelebihan yang harus Anda perhatikan. Kemudian biaya investasi yang rendah yaitu dapat dimulai dari Rp 1 milyar. Jika Anda telah memiliki properti maka dapat dijadikan guesthouse. Usaha ini mempunyai biaya operasional yang efektif, untuk guest house yaitu hanya membutuhkan 3 karyawan.

Jika Anda tergabung dalam chain hotel, maka tingkat keuntungan dapat jauh lebih baik dan mencapai tingkat deposito. Kemudian pada pengelolaan guesthouse, dapat berjalan dengan memanfaatkan konsultan manajemen hotel. Namun tentunya untuk langsung berbisnis tidak semudah itu. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, misalnya seperti biaya investasi untuk membangun hotel.

Kemudian juga mengenai luas tanah yang dibutuhkan, biaya per meter untuk bangunan hotel dan lain-lain.

Oleh karena itu Anda dapat menggunakan jasa konsultan manajemen hotel yang telah berpengalaman. Anda dapat meminta tolong mulai dari memulai usaha hotel sampai dengan kegiatan operasional hotel. Jasa konsultan manajemen hotel sangat diperlukan, karena banyak yang akan dihadapi terutama jika Anda masih pemula.

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi maka selayaknya Anda mempertimbangkan hal-hal berikut ini;

  • Studi Kelayakan

Perlu dianalisa lebih mendalam terkait dengan potensi lokasi hotel. Kemudian juga mengenai pengunjung serta pendapatan hotel.

  • Tahap perencanaan

Anda dapat memulai untuk merencanakan mengenai fasilitas hotel, jumlah kamar, mengenai perijinan hingga kebutuhan akan anggaran investasi.

  • Tahap pembangunan

Konstruksi pembangunan hotel yang dimulai dari pondasi, semua fasilitas yang dibutuhkan hingga selesai dibangun.

  • Pembukaan hotel

Persiapan hotel yang mengenai perlengkapan hotel, mulai menyediakan perangkat lunak dan juga perangkat keras hingga perekrutan karyawan ketika siap memasuki tahap akhir.

  • Operasional hotel

Pada tahap ini, hotel siap untuk beroperasi dan memperoleh review dari waktu ke waktu agar berjalan dengan baik.