Peluang usaha di zaman serba ada seperti sekarang ini memang banyak sekali. Namun, karena peluang usaha banyak, itu berarti juga banyak saingan. Rasanya ingin membuka usaha di bidang ini itu, sudah banyak didului oleh pengusaha lain bermodal besar yang rasanya sulit disaingi. Lalu usaha apa lagi yang berpotensi, namun masih minim saingan?

Bisnis Pertanian Paling Menguntungkan

Untuk Anda yang punya hobi berkebun, menanam, atau bidang lainnya di bidang pertanian, membuka usaha di bidang pertanian bisa menjadi solusi yang menarik. Selama ini masyarakat punya mindset bahwa bidang pertanian rasanya tidak terlalu menguntungkan, menjadi ciri khas pedesaan, dan sebagainya.

Namun jangan salah, karena sebenarnya bidang pertanian memiliki potensi yang sangat luar biasa untuk dikembangkan. Ada banyak jenis usaha yang bisa kita kembangkan di bidang pertanian yang memang belum banyak dikembangkan oleh para pengusaha mainstream.

  1. Bisnis Tanaman Organik

Kebutuhan akan sayuran dan buah-buahan organik terus meningkat. Khususnya di kalangan masyarakat perkotaan dan masyarakat yang sudah mengenal pentingnya kesehatan. Ini bisa jadi peluang bisnis yang bagus untuk Anda. Bisnis tanaman organik bisa dilakukan di mana saja. Bahkan untuk Anda yang tinggal di area perkotaan dan memiliki lahan yang sempit sekalipun.

  1. Bisnis jual beli alat pertanian

Alat-alat pertanian era modern sudah semakin canggih saja. Tanpa disadari, jenis alat-alat inilah yang dibutuhkan masyarakat zaman sekarang khususnya petani. Namun potensi bisnis jenis ini masih belum banyak dikembangkan.

  1. Bisnis ekspor impor sayur dan buah

Jika Anda punya modal besar, dan punya link atau koneksi yang kuat, ini bisa jadi potensi bisnis yang sangat menjanjikan. Anda bisa menjadi penyalur hasil tanaman dan buah lokal untuk diekspor ke pasaran luar, ataupun sebaliknya.

  1. Bisnis Bibit

Selain menjual tanaman atau buah hasil pertanian, Anda juga bisa memiliki potensi berjualan bibit tanaman. Tentu saja ini banyak dicari dan diminati oleh masyarakat yang ingin mengembangkan usaha bertani. Tidak hanya oleh para petani saja, Anda juga akan dicari oleh kalangan yang hobi bercocok tanam di rumah.