Menjadi seorang mahasiswa cenderung dengan orang yang hobinya minta uang bulanan sama orang tua. Orang yang memiliki uang satu bulan sekali saja karena orang tua terkadang memberi uang sebulan sekali. Namun tidak semua mahasiswa seperti itu, banyak juga mahasiswa yang berduit banyak karena mereka memiliki kerja sampingan. Bisnis modal kecil yang menguntungkan harus dilakukannya.

Bisnis Sampingan Apa Yang Bisa Dilakukan Oleh Mahasiswa?

Di posisi kita yang menjadi mahasiswa tentunya kita akan memiliki waktu yang sedikit untuk melakukan bisnis. Kita tidak memiliki waktu banyak karena banyaknya tugas dari kampus dan juga banyaknya kegiatan menjadi seorang mahasiswa. Maka dari itu, jika kita ingin berbisnis maka kita harus mencari bisnis yang bisa kita lakukan sambil menjalankan kewajiban menjadi mahasiswa.

Sebenarnya ada banyak bisnis modal kecil yang menguntungkan yang harus dicoba dan berikut di antaranya :

  1. Berjualan

Kita bisa mencoba bisnis berjualan. Menjadi seorang mahasiswa haruslah kita menjaga penampilan kita. Maka dari itu, kita bisa mencoba berjualan. Kita bisa menjual pakaian, sepatu, tas, kerudung dan lainnya. Agar menarik kita bisa menjualnya dalam bentuk kredit, sehingga mereka dapat mencicil dengan uang yang lebih sedikit.

Anak kuliahan juga doyan banget yang namanya makan. Kita bisa juga menjual makanan yang sedang hitz di masa itu. Kita bisa memasak sendiri masakan tersebut. Atau jika kita tidak memiliki keahlian masak, kita bisa meminta untuk bekerja sama dengan penjual makanan. Kita bisa juga menerapkan sistem delivery order dan memberikan berbagai jenis promo.

  1. Laundry

Atau bisa juga kita mencoba membuka bisnis laundry. Terkadang mahasiswa malas untuk melakukan pekerjaan satu ini. Kebanyakan mereka memilih laundry dibanding harus bersusah payah untuk mencucinya. Belum lagi dengan ongkos mencuci yang murah, pasti akan membuat kita tertari untuk laundry saja dibanding mencuci sendiri.

Dan masih banyak lagi jenis bisnis yang bisa kita coba selagi kita masih menyandang sebagai mahasiswa. Jadi cobalah bisnis modal kecil yang menguntungkan ini dan yang pastinya bisa memberi kita uang tambahan untuk jajan. Cobalah hidup mandiri sejak kita masih dalam taraf menjadi pelajar, agar hidup kita tidak kaget dengan takdir yang akan terjadi.