Bagi banyak orang, khususnya wanita, rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting dalam menunjang penampilan. Tentu semua orang mendambakan rambut yang sehat dan indah. Namun, tidak semua orang bisa memilikinya, sebab beberapa diantara mereka terkadang memiliki permasalahan pada rambut.

Salah satu permasalahan umum pada rambut yang dihadapi oleh banyak orang ialah rambut rontok. Rambut rontok sebenarnya bisa dikategorikan sebagai suatu kondisi normal sebab saat rambut rontok maka akan tumbuh kembali rambut baru. Selain itu, kerontokan yang masih tergolong normal ialah ketika rambut yang rontok tidak dalam jumlah yang banyak.

Jangan Sepelekan Masalah Rambut Rontok

Kerontokan rambut umumnya dialami oleh orang yang berusia lanjut. Namun, jika masalah ini terjadi di usia yang lebih muda, di bawah 40 tahun misalnya, maka hal ini tak boleh dibiarkan. Itu merupakan salah satu tanda bahwa rambut kekurangan nutrisi.

Cara untuk memperbaiki jaringan rambut yang rusak tersebut ialah dengan cara memperbaiki pola hidup. Makan makanan dengan gizi seimbang secara teratur dapat membantu mengurangi gejala kerontokan rambut.

Selain melalui makanan, rambut juga sebenarnya membutuhkan nutrisi langsung. Ada berbagai macam multivitamin khusus rambut yang bisa diaplikasikan pada rambut guna mengurangi kerontokan. Selain itu, bisa juga menggunakan serum untuk rambut yang berfungsi sebagai perangsang tumbuhnya jaringan rambut baru. Serum rambut yang mengandung zat minoxidil sangat efektif untuk mengatasi permasalahan rambut rontok.

Namun, ada hal yang perlu Anda ketahui. Tidak semua orang bisa cocok untuk menggunakan serum yang mengandung minoxidil tersebut. Ada beberapa efek samping yang akan ditimbulkan apabila produk minoxidil tidak cocok untuk rambut Anda, mulai dari iritasi pada kulit kepala, sakit kepala, hingga kerontokan rambut yang bertambah parah.

Maka dari itu, ada baiknya jika Anda konsultasikan terlebih dahulu penggunaan serum rambut yang mengandung minoxidil ke dokter. Beritahu dokter alergi apa saja yang mungkin pernah Anda alami. Dengan begitu, dokter akan dapat memberikan rekomendasi terhadap permasalahan rambut rontok Anda.  Jangan anggap remeh tanda-tanda kerontokan rambut sebab itu akan mengurangi kepercayaan diri Anda.