Terdengar sepele, namun bau mulut bisa menjadi hal serius. Terutama bagi mereka yang kerap bertemu dengan orang banyak dalam pekerjaannya. Seseorang bisa kehilangan rasa percaya diri karenanya. Takut kalau hal itu akan mengganggu kenyamanan orang lain. Faktanya, orang lain pasti merasa terganggu meskipun kebanyakan tidak mengatakannya.

Beragam Penyebab Bau Mulut

Penyebab bau mulut bisa bermacam-macam. Namun mayoritas dikarenakan ada masalah di rongga mulut. Itulah kenapa kalian harus rajin merawat kesehatan rongga mulut yang mencangkup gigi dan gusi. Tapi tak semuanya dikarenakan oleh masalah itu. Bisa jadi ada faktor lain yang membuat mulut bau, antara lain gangguan dalam sistem pencernaan, sinusitis, sampai dengan diabetes. Gaya hidup yang kurang sehat pun bisa menjadi salah satu sebab. Misalnya merokok dan diet yang tidak memenuhi standar.

Hanya itu? Ada satu lagi! Makanan.

Ingat untuk mengontrol apa yang kalian makan. Sebisa mungkin hindari makanan yang memiliki aroma aduhai seperti petai, jengkol, atau bawang putih.

Cegah Bau Mulut Dengan Langkah Mudah

Mau tahu cara mencegah aroma tidak sedap pada mulut? Mari kita lanjutkan:

  1. Menjaga kesehatan gusi dan gigi

Langkah tersimpel sepanjang masa adalah dengan rajin menggosok gigi. Menggosok gigi minimal dua kali sehari sangat dianjurkan untuk membersihkan gigi secara lebih baik. Karang gigi penyebab bau mulut dapat diminimalisir. Sebagai tambahan, kalian bisa menggunakan mouthwash untuk mendapatkan efek segar dan bersih secara keseluruhan.

  1. Konsumsi buah

Makanlah makanan yang sehat seperti wortel mentah, apel, dan strawberry. Tingginya kandungan air serta vitamin C pada buah-buahan sangat baik, terutama untuk kesehatan rongga mulut. Makan makanan sehat secara rutin dan konsisten bisa jadi cara sederhana yang ampuh mencegah bau mulut.

  1. Konsumsi air putih

Kondisi mulut yang kering bisa membuat bakteri berkembang lebih banyak. Akibatnya, akan semakin rentan bau mulut. Karena itu, penting untuk tetap menjaga kadar air dalam tubuh. Perbanyak minum air adalah solusi baik yang selain menyehatkan tubuh, bisa mencegah bau mulut juga.

  1. Kumur menggunakan daun sirih

Daun sirih bersifat anti bakteri karena kandungannya yang baik untuk tubuh. Hal itu dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan aroma tidak sedap pada mulut. Caranya sangat mudah. Rebus daun sirih, lalu air rebusannya bisa dipakai untuk berkumur. Dengan melakukannya secara konsisten, akan membuat rongga mulut lebih sehat dan gigi lebih kuat.

Selamat mencoba!