Tenggorokan adalah jalan yang dilalui makanan sebelum masuk ke dalam lambung. Ketika tenggorokan terasa sakit, maka setiap kali makan pasti akan merasa sakit atau perih. Untuk itu Anda harus bersusah payah untuk menelan makanan atau minuman tersebut. Jika tenggorokan merasakan sakit terus menerus, maka itu akan menyebabkan Anda kurang merasa nyaman. Pasalnya Anda tidak bisa menikmati setiap makanan dan minuman yang masuk ke dalam perut.

Langkah Mengatasi Nyeri dan Sakit Tenggorokan

Sebenarnya meredakan tenggorokan yang sakit itu tidak sulit untuk dilakukan oleh Anda. Pasalnya sakit tenggorokan merupakan penyakit yang benar-benar umum dan sudah dirasakan oleh semua orang. Ada beberapa penyebab mengapa tenggorokan bisa sampai sakit. Penyebab yang pertama itu karena infeksi virus. Biasanya jika karena infeksi virus, ini karena Anda akan mengalami flu. Kemudian karena campak, cacar air dan juga sesak napas. Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan beberapa contoh bahan alami sebagai berikut.

  • Berkumur menggunakan air garam

Berkumur air garam itu dapat dijadikan obat untuk meredakan nyeri tenggorokan secara alami. Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian. Pada penelitian tersebut menyatakan bahwa sakit tenggorokan itu dapat diredakan dengan cepat menggunakan air larutan garam. Pasalnya air garam akan memberantas bakteri yang menyebabkan iritasi. Sehingga ketidaknyamanan Anda ketika menelan akan sedikit demi sedikit hilang. Air yang Anda gunakan sebaiknya air hangat. Kemudian Anda cukup berkumur beberapa detik saja, yang terpenting frekuensinya sering.

  • Memenuhi cairan tubuh

Apabila Anda sedang mengalami radang di tenggorokan maka mulai sekarang cobalah untuk memenuhi cairan dalam tubuh. Pasalnya ketika cairan tubuh dapat dipenuhi, rasa sakit di tenggorokan akan berkurang. Ini menjadi cara alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi radang di tenggorokan. Sehingga keadaan tubuh tidak semakin memburuk nantinya.

  • Menggunakan permen untuk melegakan tenggorokan

Sekarang banyak permen yang berfungsi sebagai pelega tenggorokan dan bisa didapatkan pada apotek terdekat. Fungsi dari permen ini yaitu, untuk menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan. Sehingga beragam makanan dan minuman yang masuk ke dalam perut akan terasa nyaman saat melewati tenggorokan. Di dalam permen pelega tenggorokan ini terdapat berbagai kandungan seperti antibakteri, kemudian anti virus dan sebagainya. Jangan khawatir karena harga dari permen pelega tenggorokan sangatlah murah, namun khasiatnya sangat efektif.