Mengecilkan perut yang buncit dan bergelambir ternyata tidak mudah untuk dilakukan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya orang yang merasa kesulitan untuk mengecilkan dan mengencangkan perut mereka yang buncit. Oleh sebab itu, ada banyak orang yang lebih memilih cara instan untuk mendapatkan bentuk perut yang indah dan proporsional, yaitu dengan cara melakukan operasi bedah plastik pada bagian perutnya.

Operasi plastik yang dilakukan di bagian perut untuk mengurangi lemak disebut dengan Tummy Tuck. Namun, dunia medis lebih mengenalnya dengan istilah abdominoplasty. Jadi, tummy tuck ini merupakan sebuah cara yang dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi atau membuang lemak berlebih yang terletak di bagian perut. Selain itu, cara ini juga akan membuat otot-otot perut menjadi lebih kencang sehingga masalah kulit yang kendur dan bergelambir dapat teratasi. Karena tergolong operasi besar, maka ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat menjalankan operasi ini, terutama dalam hal perawatan pasca operasi.

Inilah Cara Perawatan Pasien Pasca Menjalankan Operasi Tummy Tuck

Sama halnya dengan operasi bedah plastik di bagian wajah atau bagian tubuh lainnya, operasi bedah plastik yang dilakukan di bagian perut juga sangat membutuhkan perhatian yang khusus. Hal ini disebabkan karena operasi tummy tuck ini dapat menyebabkan komplikasi dan efek samping jika tidak ditangani dengan baik. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi pasca operasi adalah mengalami infeksi kulit, peradangan kulit, pembengkakan, kebiruan, dll.

Pada umumnya, pasien yang telah menjalankan operasi tummy tuck akan diminta untuk menggunakan korslet, yaitu selama dua atau tiga minggu. Bahkan, pada beberapa pasien diharuskan untuk menggunakan korslet selama tiga hingga empat bulan lamanya. Penggunaan korslet ini bertujuan untuk memberikan hasil operasi yang lebih baik. Dalam hal beraktivitas, pasien hanya boleh berjalan setelah 6 hari pasca operasi. Sebelum mencapai 6 hari, maka pasien hanya diizinkan untuk berbaring saja. Untuk melakukan aktivitas fisik yang berat, pasien hanya diizinkan melakukannya setelah empat bulan pasca menjalankan operasi.

Dengan mengikuti cara perawatan yang tepat, maka pasien operasi tummy tuck bisa lebih aman dari berbagai efek samping negatif yang tidak diharapkan. Dengan menjalankan operasi bedah plastik ini, maka orang-orang bisa mendapatkan perut yang rata, kencang, dan indah sesuai apa yang selama ini mereka impikan.