Menjadi pengusaha muda memang menjadi mimpi sebagian anak muda. Keinginan untuk menjalankan bisnis sering kali harus dihambat dengan ketiadaan modal. Alhasil, bisnis berjalan seadanya dan tidak dapat maksimal karena keterbatasan modal. Modal minim memang menjadi salah satu masalah umum yang dialami oleh pengusaha baru ketika akan menjalankan bisnis mereka. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa untuk memulai bisnis yang baik, setidaknya memerlukan banyak modal. Berikut ini beberapa cara yang mungkin dapat dilakukan untuk mendapatkan modal.

Personal Loan

Keluarga, sahabat, dan teman dapat kita mintai tolong untuk meminjamkan uang mereka sebagai modal untuk memulai bisnis yang akan dijalankan. Memang awalnya pasti akan ada rasa tidak enak ketika akan meminjam. Namun, dibandingkan dengan meminjam di tempat lain, personal loan tidak ada bunga ataupun potongan yang harus kita berikan. Selain itu, personal loan juga biasanya tidak memiliki batas waktu pembayaran. Hanya bagaimana nantinya kita bertanggung Jawa pada pinjaman yang telah kita pinjam.

Mencari Partner

Memiliki ide bisnis yang menjanjikan namun tak memiliki cukup modal, maka kita bisa menemukan partner sejalan yang sekiranya dapat membantu kita memberikan modal. Kita beserta rekan bisnis akan menjalankan bisnis bersama di mana kita berperan sebagai pengatur, dan dia penyedia modal. Keuntungan yang didapat akan dibagi sama rata karena masing-masing telah berpartisipasi dalam menjalankan bisnis.

Menggadaikan Atau Menjual Barang Berharga

Ketika kita sudah yakin akan menjalankan bisnis yang sudah direncanakan, namun masih kekurangan modal. Kita bisa mengandalkan perhiasan atau kendaraan untuk digadaikan atau bahkan dijual. Jika kita menggadaikannya, maka cicilan bulanan harus diperhatikan dan kita masih bisa memiliki barang tersebut. Namun, jika ragu bisa menyicilnya kembali sebaiknya ikhlaskan saja untuk dijual.

Peer 2 Peer Lending

Sistem mendapatkan modal ini termasuk masih jarang dilakukan di Indonesia. namun, sudah ada banyak yang membuktikan keefektifannya. Sistem pencarian modal yang satu ini menggunakan semacam website khusus yang akan membawa kita kepada investor. Sebelumnya, kita akan mengisi kualifikasi bisnis yang akan kita jalankan beserta modal yang kita butuhkan, lalu mengunggahnya ke website tersebut. website akan mempertemukan kita dengan investor yang setuju, kemudian mereka akan memberikan kita modal.