Telinga merupakan indera pendengaran yang harus dijaga. Kebersihan telinga sangat penting agar kotoran tidak menyumbat lubang sehingga bisa mengganggu pendengaran. Bagi Anda yang ingin tahu cara mudah merawat telinga. Pada kesempatan kali ini Anda bisa mengetahuinya.

Tips Merawat Telinga

  1. Tidak sembarang mengorek telinga dengan cotton bud

Membersihkan kotoran menggunakan cotton bud memang bisa membuang kotoran. Namun berhati-hatilah dalam melakukannya. Jangan terlalu dalam mengorek sehingga bagian penting telinga tidak mengalami kerusakan.

  1. Mengunyah permen karet

Siapa sangka jika gerakan mengunyah juga berpengaruh pada telinga. Dengan mengunyah permen karet, gerakan tersebut bisa membantu proses mengeluarkan kotoran.

  1. Hindari gerakan menggaruk telinga yang berlebih

Menggaruk telinga memang sangat enak, terlebih saat gatal. Namun gerakan yang berlebihan bisa mengakibatkan infeksi. Terlebih jika rasa gatal terjadi karena psoriasis atau  eksim yang mana harus segera dibawa ke dokter.

  1. Hindari penggunaan eraphone atau headphone berlebih

Mendengarkan musik memang sangat mengasyikkan. Tapi jika penggunaannya berlebih bisa berakibat fatal bagi telinga. Jangan menyetel musik dengan volume yang terlalu keras. Hal tersebut akan mengganggu pendengaran Anda. Bisa jadi telinga menjadi kurang peka terhadap bunyi, atau bisa juga sebaliknya telinga bisa sangat peka. Usahakan untuk tidak terlalu lama mengenakan earphone. Maksimal 2 jam sehari dan istirahatkan telinga Anda. Penggunaan earphone juga bisa menghambat keluarnya kotoran.

  1. Merawat telinga secara rutin

Membersihkan telinga memang menjadi tugas rutin bagi siapa saja agar kesehatan telinga tidak terganggu. Selain itu, jika terjadi masalah pada telinga maka usahakan untuk pergi ke dokter. Jangan asal melakukan pengobatan karena bisa saja jadi lebih fatal. Kunjungi dokter spesialis THT jika terjadi keluhan pada telinga.

Jangan tidak mengacuhkan kesehatan telinga Anda. Indera pendengaran sangatlah penting untuk dirawat. Membersihkan telinga dengan cotton bud, menghindari pemakaian earphone berlebihan, dan berbagai hal lain sangat penting untuk dilakukan. Jangan sampai telinga mengalami gangguan karena pendengaran Anda bisa terganggu. Kunjungi dokter spesialis THT agar telinga Anda tetap terjaga kesehatannya.