Jajanan adalah salah satu kebutuhan konsumsi masyarakat setelah makanan pokok. Jajanan terkadang dibutuhkan di sela-sela jam makan. Oleh karena itu, peluang usaha jajanan memiliki prospek yang cukup cerah. Terlebih, jika Anda dapat menjual jajanan anak sekolahan yang enak dan murah, maka banyak konsumen yang akan membeli produk Anda. Untuk membuat usaha jajanan anak sekolahan, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar sukses menjalankannya.

Jenis Jajanan Yang Banyak Peminat

Ada banyak sekali jenis jajanan anak sekolahan yang dijual di pasaran. Namun untuk memulai usaha jajanan anak sekolahan, Anda jangan menjual beberapa jenis jajanan tersebut. Cobalah untuk fokus ke salah satu jenis jajanan terlebih dahulu. Pilihlah satu diantara berbagai jenis jajanan anak sekolahan seperti telur gulung, mi lidi kering, cilok, makaroni pedas, ataupun siomay. Pilihlah jajanan yang Anda sukai dan Anda merasa mampu untuk membuatnya. Dengan begitu, maka Anda akan menjalankan usaha jajanan tersebut dengan senang.

Modal Usaha

Setiap usaha pasti membutuhkan modal, tidak hanya modal uang tetapi juga kemampuan dan semangat. Untuk jajanan anak sekolahan, modal yang dibutuhkan tidaklah terlalu besar. Anda hanya butuh bahan-bahan pokok untuk membuat jajanan tersebut, plastik untuk mengemas, alat press plastik, dan juga label untuk merek produk Anda. Selain itu, Anda juga perlu mempelajari teknik membuat jajanan tersebut, cobalah hingga Anda mendapatkan hasil masakan yang paling enak.

Lokasi Usaha Yang Strategis

Saat ini, jajanan anak sekolahan tidak hanya menarik bagi anak-anak usia sekolah saja, tetapi juga kalangan mahasiswa dan orang dewasa. Oleh karena itu, Anda dapat menjual jajanan anak sekolahan di lokasi yang ramai pengunjung, seperti, kawasan kampus, mall, pusat hiburan, dan juga di pinggir jalan. Selain itu, untuk jenis jajanan tertentu seperti siomay, cilok, mi lidi kering, dan juga cireng, Anda dapat menjualnya secara online. Tentunya dengan pengemasan yang aman, agar tidak mudah terkena udara luar.

Strategi Pemasaran

Agar bisnis jajanan anak sekolah Anda laris, maka dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat. Anda dapat memanfaatkan media sosial sebagai media pemasaran. Selain itu, berikanlah promo di waktu-waktu tertentu. Seperti promo beli 2 gratis 1, atau promo diskon.