Siapa bilang berbicara di depan umum itu mudah? Bagi sebagian orang, berbicara di depan khalayak ramai adalah hal yang sangat mengerikan. Bahkan mereka akan merasa gemetar, mual, atau bahkan jatuh pingsan saat diminta untuk berbicara di depan banyak orang. Namun sebetulnya, selain Anda dapat mengikuti pelatihan public speaking, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk dapat siap berbicara di depan khalayak ramai.

Menenangkan Diri

Mungkin sebagian dari Anda akan langsung merasa gugup ketika melihat banyak orang. Apalagi ketika Anda mengetahui bahwa Anda harus berbicara di depan seratus pasang mata, tentunya hal tersebut akan langsung membuat Anda gemetaran dan keluar keringat dingin. Namun, hal ini jangan Anda biarkan. Tenangkanlah diri Anda, usahakan untuk tetap rileks. Tarik nafas dalam-dalam dan berdoalah sebanyak mungkin hingga Anda merasa tenang. Dengan perasaan yang tenang, maka Anda akan lebih mudah dalam menyampaikan sesuatu kepada para penonton.

Meyakinkan Diri

Satu hal yang harus kita miliki dalam memulai sesuatu adalah keyakinan dalam diri bahwa kita bisa melakukannya. Begitu pula ketika Anda ingin berbicara di depan khalayak ramai seperti yang ada di pelatihan public speaking. Yakinkan pada diri Anda, bahwa Anda bisa berbicara dengan lancar dan mampu menyampaikan keseluruhan materi dengan baik. Yakinkan pada diri Anda sendiri bahwa materi yang Anda sampaikan cukup bagus dan akan dapat memuaskan hati para audiens.

Menganggap Audience Sebagai Teman

Ketika Anda harus berbicara di depan para pejabat atau orang yang Anda segani, tentunya hal tersebut akan semakin menambah rasa kurang percaya diri di benak Anda. namun, untuk dapat menghilangkan perasaan tersebut, anggaplah bahwa seluruh audience yang hadir adalah kawan Anda. Mereka semua sama dengan Anda. Dengan memiliki anggapan tersebut, maka Anda akan lebih rileks dalam menyampaikan materi.

Menguasai Seluruh Materi

Seperti yang ada pada pelatihan public speaking, ketika Anda ingin menyampaikan suatu hal pada khalayak ramai, maka Anda harus menguasai materi yang ingin Anda sampaikan. Dengan penguasaan materi yang baik, maka Anda akan lebih percaya diri. Anda juga tidak akan kehabisan kata-kata, jika tiba-tiba ada bagian yang terlupa.