Ada berbagai cara yang digunakan orang untuk menyimpan berkas secara digital, salah satunya dengan PDF. Cara menggabungkan file PDF pun banyak dibahas karena memang fungsinya yang banyak disukai oleh orang. Tapi kembali lagi tentang cara penyimpanan berkas secara digital, ada dua format yang paling populer saat ini. Pertama yaitu menyimpan dengan format doc yang dihasilkan oleh perusahaan Microsoft. Kedua adalah menyimpan berkas dengan format PDF yang dihasilkan oleh Adobe System Inc.

Perbedaan Utama Dalam Format DOC dan PDF

Perbedaan paling mencolok antara keduanya adalah kemampuan untuk mengubah data. Dalam format  DOC, data bisa diubah dan diedit dengan mudah menggunakan MS Word. Sementara itu, dalam format PDF, data sulit diubah dan diedit. Masih ada kemungkinan diubah, tapi membutuhkan software khusus untuk mengeditnya.

 

Keduanya terlihat bersaing. Namun sesungguhnya keduanya berjalan bersama. Bila PDF dikonversi, maka hasilnya adalah berupa file DOC. Sebaliknya, sebagian sangat besar file PDF berawal dari file DOC. File tersebut dikonversi ke format PDF karena memang format ini sangat mendukung dari keamanan dibandingkan file berbentuk DOC. Karena itu, sesungguhnya ini bukan merupakan persaingan. Namun lebih ke arah hubungan komplementer. Saling melengkapi satu sama lain.

 

Bicara soal PDF, format ini memang lebih rumit untuk diedit. Jika dalam file DOC, kita bisa dengan mudah menggabungkan beberapa file sekaligus karena cukup di copy dan paste. Lain halnya dengan file PDF. Karena memerlukan software khusus, memang sedikit rumit untuk menggabungkannya. Berbagai cara menggabungkan file PDF pun bermunculan sebagai jawaban atas kebingungan orang-orang. Namun di sisi lain, karena keunggulan format PDF dalam segi keamanan itu, banyak orang lebih memilih menggunakannya. Terutama bagi kantor-kantor pemerintah yang memberikan informasi penting ke skala yang lebih luas. Misalnya pengumuman instansi pusat ke kantor-kantor cabang di seluruh Indonesia. Coba bayangkan jika tanpa PDF. Akan sangat repot untuk menyebarkan informasi ke ribuan kantor.

 

Jika kalian masih mencari cara menggabungkan file PDF, maka internet adalah tempat bagus untuk menggali informasi. Kalian tinggal pilih saja mana cara terbaik menurut kalian. Oke?