Tren kecantikan Korea memang sedang booming di kalangan wanita Indonesia. Tidak hanya teknik make up yang akan membuat wajah Anda lebih nampak muda, tetapi juga beberapa cara perawatan kulit wajah yang akan membuat wajah Anda glowing bak artis Korea. Salah satu cara perawatan wajah tersebut adalah sistem layering, atau menggunakan beberapa macam produk dalam satu waktu. Namun, apakah sistem tersebut bisa efektif untuk wajah Anda?

Harus Disesuaikan Dengan Berbagai Kondisi

Salah satu alasan mengapa para wanita Korea menggunakan sistem layering ini adalah karena cuaca disana sangatlah dingin. Kulit wajah para wanita disana bisa sampai terkelupas karena cuaca udara disana. Jika mereka menggunakan sistem layering ini, maka kulit mereka akan mendapatkan kelembaban yang cukup sehingga terbebas dari masalah kulit kering. Hal ini akan kurang cocok jika diterapkan di Indonesia yang beriklim tropis. Sistem layering hanya akan membuat wajah Anda nampak berminyak dan akan sangat mudah terkena debu serta kotoran.

Dosis Yang Sesuai

Sistem layering ini biasanya akan melibatkan 7 hingga 10 produk skin care, dimulai dari yang tingkat konsentrasinya rendah ke tinggi atau dari yang bertekstur ringan ke padat. Namun bukannya akan mendapatkan kulit wajah yang lembab dan glowing, malah justru akan membuat kulit menjadi kelebihan moisturizer. Hal ini akan membuat kulit Anda menjadi lebih kering.

Sulit Diserap Kulit

Pada dasarnya ada beberapa jenis skin care yang memiliki kandungan dan fungsi yang sama dalam sistem layering ini. Sebagai contoh adalah toner dan booster, keduanya memiliki fungsi untuk membersihkan wajah sehingga kulit menjadi bersih. Moisturizer dan emulsion, keduanya sama-sama berfungsi untuk memberikan kelembaban pada kulit wajah. Perbedaannya hanya pada bentuknya, moisturizer cenderung lebih kental sedangkan emulsion cenderung lebih cair.

Jadi, sistem layering ini tidak selalu cocok digunakan untuk berbagai jenis kulit. Namun ada juga yang dapat memperoleh manfaat dari sistem ini. Satu hal yang perlu diingat adalah sesuaikan produk yang Anda pilih dengan kondisi kulit Anda. Jangan sampai beragam produk tersebut hanya akan tertumpuk sia-sia di wajah Anda.