Kesehatan adalah suatu hal yang tidak ternilai harganya karena kesehatan tidak bisa dibayarkan oleh apa pun. Namun sering kali manusia mengabaikan akan pentingnya kesehatan tubuh mereka. Misalnya saja ketika badan kita sehat kita lupa tidak berolahraga, makan tidak teratur dan tidak meluangkan waktu untuk istirahat yang cukup.

Padahal dari hal-hal yang sepele semacam itu yang awalnya kita anggap remeh namun justru bisa berujung pada kerusakan kesehatan tubuh yang fatal. Terlebih jika kebiasaan buruk tersebut kita lakukan secara terus menerus dan menjadi pola hidup.

Tips Menjaga Pola Hidup Sehat

Pola hidup yang berasal dari kebiasaan-kebiasaan buruk inilah yang dinamakan pola hidup yang tidak sehat. Gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh kebiasaan buruk tersebut pun tidak main-main.

Mulai dari gejala penyakit ringan sepeti flu, demam, gangguan pencernaan dan sejenisnya sampai dengan ancaman penyakit berat seperti stroke, ginjal, hipertensi, kolesterol, sampai dengan tumor dan kanker. Jangan sampai masa tua Anda menjadi harus menanggung beban akibat pola hidup yang tidak sehat di waktu muda.

Tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki pola hidup Anda. Tentunya dengan merubah dari hal-hal yang kecil terlebih dahulu. Kuncinya adalah kita harus konsekuen terhadap niat yang Anda tanamkan di awal. Berikut ini adalah tips pola hidup sehat dimulai dari hal kecil sehari-hari :

  1. Biasakan sarapan di pagi hari. Sarapan adalah hal terpenting untuk menjaga energi Anda dalam beraktivitas seharian. Pilihlah jenis sarapan yang mengandung protein tinggi seperti telur yang bermanfaat untuk mengubah lemak menjadi energi dan meningkatkan sistem metabolisme tubuh.
  2. Tetapkan jadwal makan secara teratur. Biar bagaimanapun juga Anda harus makan 3 kali sehari. Buat jadwal khusus setiap harinya misalnya sarapan setiap pukul 6, makan siang setiap jam 12 dan seterusnya. Yang terpenting adalah Anda harus konsisten terhadap jadwal yang sudah Anda buat sendiri.
  3. Hindari kebiasaan buruk seperti merokok, minum-minuman beralkohol dan tidur terlalu larut. Kebiasaan buruk tersebut dapat merugikan diri Anda sendiri. Bahkan untuk kebiasaan buruk seperti merokok tidak hanya merugikan diri Anda sendiri tetapi juga orang-orang di sekitar Anda.