Siapa sih yang tidak tahu dengan bawang putih? Bawang putih ini merupakan salah satu bumbu dapur yang sangat sering dijumpai. Bawang putih menjadi salah satu bahan yang sangat sering digunakan dalam memasak. Namun, tahukah Anda bawang putih ini memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan Anda bila dikonsumsi dalam bentuk mentah. Walaupun memiliki bau yang tidak sedap dan rasanya tidak enak, namun bawang putih memiliki banyak manfaat. Berikut manfaat konsumsi bawang putih untuk kesehatan.

Dapat Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Manfaat pertama yang dapat Anda rasakan jika mengonsumsi bawang putih mentah adalah dapat mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Kandungan polisulfida dalam bawang putih diketahui dapat mencegah hipertensi. Jika Anda memiliki riwayat hipertensi, konsumsi bawang putih mentah bisa menjadi solusi bagi Anda untuk mencegah atau menurunkan tekanan darah Anda.

Dapat Mengatasi Gejala Flu

Manfaat bawang putih berikutnya adalah dapat mengatasi gejala flu seperti pilek ataupun radang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa allicin dalam bawang putih dapat mengatasi gejala flu. Jika Anda mengonsumsi bawang putih maka daya tahan tubuh Anda akan meningkat sehingga dapat melawan virus-virus yang menjadi penyebab flu.

Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan, jika Anda mengonsumsi bawang putih mentah adalah dapat menurunkan kadar kolesterol. Beberapa penelitian telah menunjukkan hasil jika seseorang mengonsumsi 10 mg bawang putih dalam kurang lebih 2 bulan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh Anda. Oleh karena itu, jika Anda memiliki masalah kolesterol tinggi, maka dengan mengonsumsi bawang putih dapat mengatasi dan menurunkan kadar kolesterol Anda.

Itulah beberapa manfaat yang dapat Anda dapatkan jika mengonsumsi bawang putih mentah. Dalam mengonsumsi bawang putih mentah, sebaiknya Anda mengonsumsinya dalam batas normal dan tidak berlebihan agar bawang putih tersebut memberikan manfaat bukannya malah memberikan dampak buruk bagi kesehatan Anda. Dan pastikan apakah Anda dapat mengonsumsi bawang putih, karena beberapa kasus menunjukkan ada beberapa orang yang mengalami alergi dengan bawang putih sehingga memberikan dampak buruk bagi kesehatannya.