Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan, contoh surat lamaran kerja umum bisa dibedakan menjadi beberapa jenis. Jenis yang pertama adalah surat lamaran kerja berdasarkan informasi lowongan kerja yang ada di surat kabar atau sumber informasi lainnya, kemudian yang kedua adalah surat lamaran kerja yang dibuat berdasar rekomendasi seseorang dan yang terakhir adalah surat lamaran kerja yang dibuat berdasar inisiatif sendiri tanpa ada informasi dari mana pun.

Surat Lamaran Berdasar Informasi Dari Selebaran

Jenis surat lamaran ini merupakan jenis surat lamaran yang sering ditemui, karena orang-orang yang melamar kerja biasanya mendapat informasi dari selebaran atau sumber informasi elektronik. Yang membedakan jenis surat lamaran ini dari surat lamaran jenis lainnya adalah disertakannya sumber informasi lowongan pekerjaan. Misalnya Anda mendapatkan informasi dari iklan di surat kabar, maka dalam pembukaan surat lamaran disertai dengan kalimat “berdasarkan informasi lowongan kerja di surat kabar ….”

Surat Lamaran Kerja Berdasar Rekomendasi

Seseorang yang sudah tergabung dalam sebuah perusahaan atau suatu pekerjaan, bisa memberikan rekomendasi untuk orang di luar perusahaan agar bisa bergabung dalam pekerjaan atau perusahaan tersebut. Dalam membuat surat lamaran kerja yang informasinya merupakan rekomendasi dari seseorang juga berbeda dengan contoh surat lamaran kerja umum. Jika Anda mendapat rekomendasi maka Anda wajib menyertakan orang yang memberi rekomendasi dan posisi atau jabatannya dalam surat lamaran tersebut.

Surat Lamaran Kerja Berdasar Inisiatif

Anda juga bisa membuat surat lamaran kerja dengan inisiatif sendiri, inisiatif sendiri artinya surat lamaran yang Anda buat tanpa ada informasi dari selebaran atau informasi rekanan yang memberi rekomendasi. Biasanya surat lamaran kerja jenis ini banyak dipakai oleh para fresh graduate yang sedang gencar mencari pekerjaan. Isi surat lamaran ini tentunya juga berbeda dengan dua jenis surat lamaran kerja sebelumnya, Anda tidak perlu mencantumkan sumber dari mana Anda mendapatkan informasi lowongan pekerjaan tersebut.

Demikian beberapa contoh surat lamaran kerja umum yang dibedakan berdasar jenis mendapatkan informasinya. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan.