Selain harus meminum air yang cukup setiap harinya, Anda juga perlu tahu bahwa air juga dapat merusak kulit, loh! Bagi Anda yang tidak ingin kulit rusak karena melakukan beberapa kebiasaan buruk, sebaiknya Anda menghentikannya sekarang juga.

Apa Sajakah Kebiasaan Buruk Tersebut?

Untuk itu, Anda perlu mencari tahu kebiasaan buruk apa saja yang dapat membahayakan keindahan kulit? Ada 3 kebiasaan buruk yang harus Anda hindari mulai sekarang, yaitu:

  • Mandi dengan menggunakan air yang terlalu panas

Ketika Anda mandi dengan menggunakan air yang terlalu panas, minyak alami yang terdapat dalam permukaan kulit akan hilang. Ketika minyak alami tersebut hilang, maka kulit akan menjadi sangat kering hingga bersisik dan menimbulkan rasa gatal.

Anda perlu tahu bahwa minyak alami yang terdapat di lapisan kulit bawah memiliki fungsi sebagai pelembap dan menjaga kesehatan kulit.

Apabila Anda ingin menggunakan air panas untuk mandi, gunakanlah air hangat. Cara mengetes apakah kulit dapat menerima air panas tersebut sangatlah mudah. Coba celupkan jari Anda pada air tersebut, apabila kulit Anda berubah menjadi warna merah, sebaiknya Anda tambahkan lagi air biasanya. Perubahan warna kulit menjadi warna merah disebabkan karena terlalu panas air tersebut.

  • Berenang atau mandi terlalu lama

Apabila Anda suka berenang, Anda juga tidak boleh melakukannya terlalu lama, begitu pula dengan mandi. Ketika kulit terlalu lama terkena air, maka minyak alami yang terdapat dikulit akan hilang perlahan-lahan. Hal inilah yang menyebabkan kulit menjadi lebih kering setelah mandi, berendam, atau berenang terlalu lama. Cukup menghabiskan waktu selama 5 hingga 10 menit saja untuk bermain air.

  • Tidak langsung mandi setelah berenang

Biasanya terdapat zat klorin yang dicampur pada air untuk kolam renang. Zat kimia tersebut dapat membunuh bakteri jahat maupun bakteri baik yang terdapat pada permukaan kulit. Untuk menghilangkan sisa zat tersebut, Anda harus cepat-cepat mandi setelah berenang. Hal ini juga untuk menghindari ada rasa gatal atau kering setelah berenang.

Setelah mengetahui kebiasaan buruk tersebut, cobalah untuk menghentikannya sekarang agar kulit Anda tidak rusak.