Bagi pemerintah desa setelah lahirnya undang-undang mengenai desa membuat mereka pun mendapatkan beberapa keuntungan tersendiri. Bagi masyarakat awam adanya undang-undang tersebut bisa membatasi gerak aparat pemerintah sebuah desa untuk bergerak. Namun kenyataannya justru lahirnya undang-undang tersebut memberikan banyak sekali kegunaan yang tak terduga bukan hanya secara individual namun juga secara keseluruhan.

Sebelumnya Kita tahu bahwa kemajuan sebuah desa hanya bergantung pada APBD yang diberikan oleh pemerintah pusat pada setiap desa. Hal ini membuat setiap desa memiliki kendala tersendiri yaitu tak bisa mengelola pemerintahan mereka sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan dari masing-masing desa. Namun semua itu berubah sejak munculnya undang-undang yang mengatur tentang desa.

Beberapa Kegunaan Undang-Undang Desa Untuk Pemerintah Desa

Berikut ini Kami akan membahas tentang apa saja kegunaan dari adanya undang-undang tentang desa khususnya untuk pemerintah desa. Sehingga dengan adanya informasi yang akan Kita sampaikan diharapkan bisa membuat masyarakat awam pun tahu apa yang menjadi tugas dari pemerintahan desa untuk kemajuan dan perkembangan desa mereka.

Kegunaan yang pertama adalah dengan adanya undang-undang tentang desa maka setiap pemerintah yang mengatur desa bisa mengelola kekayaan alam untuk memajukan desanya masing-masing sesuai kebutuhan. Dan itu semua sudah di atur dalam undang-undang tersebut. Karena itulah mereka tak perlu khawatir salah langkah dalam menjalankan roda pemerintahan desa yang menjadi amanah mereka.

Kemudian kegunaan yang selanjutnya adalah menjadi panduan bagi setiap pemerintah sebuah desa untuk mengatur dan menentukan kebijakan untuk desa mereka. Ada banyak sekali hal yang diatur dalam undang-undang tersebut yang kemudian bisa dijadikan patokan atau pegangan sehingga mereka bisa melakukannya dengan benar dan sesuai aturan yang berlaku.

Kegunaan yang terakhir adalah dimana setiap pemerintah yang bertugas dalam membangun desa memiliki payung hukum yang menjamin bahwa semua tindakan dan kebijakan yang mereka lakukan sudah berdasarkan aturan yang berlaku. Hal ini untuk menjaga adanya pihak atau masyarakat awam yang ternyata merasa dirugikan dengan kebijakan yang dibuat oleh desa. Tentunya dalam hal ini pemerintah desa harus mementingkan kepentingan umum di bandingkan kepentingan pribadi semata. Demikian beberapa kegunaan dari adanya undang-undang desa khususnya untuk pemerintahan sebuah desa.