Keberanekaragaman flora dan fauna di Indonesia sangatlah banyak. Tidak hanya manusia yang memiliki suku, flora dan fauna yang ada di bumi ini pun memilikinya. Di Indonesia  flora dan fauna memiliki tipe masing – masing sesuai dengan daerah asalnya. Salah satu daerah yang unik di daerah Sumatera yaitu daerah Batang Toru yang terletak di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Wilayah hutan batang toru diketahui menyimpan beragam flora yang tumbuh di dalamnya.

Jenis Flora yang tumbuh di kawasan hutan ini

Data awal cakupan hutan yang berada di wilayah Batang Toru menyebutkan bahwa keanekaragaman tumbuhan vaskuler tinggi.  terdapat 685 jenis tumbuhan yang berbeda yang tergolong dalam 85 suku. Total vegetasi ini meliputi 138 jenis sumber makanan yang dimakan oleh Orang Utan Sumatera dan 9 jenis tumbuhan merupakan spesies baru.

Secara Global berbagai pohon yang tumbuh di hutan ini seperti suku pohon Sapotaceae, Fagaceae, Dipterocarpaceae, Myrtaceae, Anacardiaceae, Lauraceae, Euphorbiaceae, dan Theaceae. Jenis  pohon tersebut dapat tumbuh hingga ketinggian 60 m.

Flora yang terancam punah

Hutan batang boru juga memiliki jenis flora yang terancam punah. Berbagai tanaman yang langka dan terancam punah seperti bunga raksasa Amorphophalus baccari dan Amophopalus gigas. Tumbuhan langka lainnya seperti Raflesia gadutensis Meijer, Becc. Selain itu, spesies lain seperti jenis – jenis kantung semar yaitu Nepenthes sumatrana, Nepenthes eustachya, Nepenthes albomarginata.

Flora unik lainnya

Berdasarkan pengamatan seorang ahli pohon mengemukakan bahwa beberapa jenis pohon dimanfaatkan untuk sumber pakan orang utan. Jenis pohon tersebut seperti pohon Maducha sp. dan Payena acuminate (Sapotaceae) di hutan dataran rendah. Sedangkan pada hutan dataran tinggi seperti Padocarpus imbricatus, Genua motleyana dan Garcinia banana.

Ternyata begitu banyak flora unik yang dapat hidup di hutan yang terletak di kawasan Batan Toru. Untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang flora yang hidup di tempat ini, dapat dengan membuka http://tanahbatangtoru.org, yang akan mengajakmu lebih mengetahui apa – apa saja yang ada di tanah batang toru.