Behel gigi atau sering disebut kawat gigi ini merupakan semacam kawat khusus yang di bentuk sedemikian rupa untuk di pasangkan gigi. Penggunaan behel gigi ini berfungsi untuk merapikan posisi gigi kita tidak rapi arahnya. Namun saat ini behel disalah gunakan, bukannya untuk kesehatan tapi malah digunakan untuk kecantikan. Orang-orang mengaku bahwa dengan menggunakan behel maka kecantikan mereka akan semakin bertambah. Ya itu tidak salah juga sih, tapi bagi kalian yang ingin memasang behel pastikan mengetahui kelebihan dan kekurangannya ya agar kalian tidak menyesal nantinya karena menggunakannya.

Kelebihan Memakai Behel Gigi

  • Gigi menjadi lebih rapi. Memang tujuan awal dari diciptakannya behel gigi adalah untuk hal ini. Gigi yang tidak rapi bisa menjadi rapi karena proses tarik-menarik antara kawat gigi
  • Pertumbuhan gigi lebih baik karena menuju arah yang benar. Karena sudah di rapikan, maka pertumbuhannya pun akan berubah menjadi lebih baik karena sudah berada di posisi yang benar.
  • Membuat penampilan lebih menarik. Sudah banyak orang yang berpendapat bahwa dengan menggunakan behel akan menambah kecantikan dari si penggunanya.

Setelah Anda mengetahui kelebihan dari penggunaan behel gigi diatas pasti Anda sangat termotivasi untuk memasang behel bukan? Karena memiliki kelebihan yang dapat dilakukan mudah tanpa ribet. Eits tapi tunggu dulu. Sebelum itu, silahkan pertimbangkan kembali pilihan Anda dengan membaca kekurangan penggunaan behel di bawah ini agar kamu tidak kecewa nantinya.

Kekurangan Memakai Behel Gigi

  • Menderita sariawan. Bagi kamu yang pertama kali menggunakan behel gigi pasti akan merasakan hal ini. Karena kawat dari behel tersebut akan menyebabkan lecet dan luka di mulut kita sehingga bisa merusak jaringan mulut kita dan terjadilah sariawan.
  • Memakan biaya. Perlu kamu ketahui bahwa pemasangan behel gigi itu memerlukan biaya yang tidak sedikit. Karena bahan yang digunakan adalah bahan khusus yang bertujuan agar tidak merusak mulut kita. Belum lagi biaya perawatan karena harus mengganti karet dari behel tersebut.
  • Harus berhati-hati dalam makan. Kenapa harus berhati-hati? Karena kamu harus memilih makanan yang lembut agar tidak merusak behel yang kamu gunakan. Jika kamu memakan makanan yg keras, tentu bisa merusak behelmu terutama bagian karetnya. Sehingga kamu harus menggantinya dengan biaya yang tidak sedikit.

Jadi itulah sedikit ulasan mengenai behel gigi. Memang banyak kelebihannya, namun juga memiliki kekurangan. Tergantung pilihanmu untuk membulatkan tekad jadi memasang behel atau tidak. Tapi saya menyarankan kamu tidak perlu menggunakan behel jika memang gigimu sudah bagus dan rapi atau kamu memiliki budget yang terbatas. Karena lebih baik membiarkannya terlihat natural daripada membuatnya terlihat mencolok. Mungkin artikel ini bisa sedikit membantu memecahkan masalah Anda jika ingin memasang behel.