Apakah sekarang Anda sering menggunakan Bitcoin untuk melakukan transaksi keuangan? Yaps, Bitcoin merupakan salah satu alternatif mata uang virtual yang banyak dipilih dan digunakan oleh masyarakat Indonesia. Ada Bitcoin rupiah yang mampu digunakan untuk melakukan berbagai macam jenis transaksi keuangan seperti jual beli produk, transfer Bitcoin, pengisian saldo, penarikan saldo, dan lain-lain.

Apa Saja Kelemahannya?

Tak sedikit yang mengatakan bahwa dengan menggunakan Bitcoin rupiah ini dapat membantu mereka dengan cara yang lebih efektif dan efisien. Dibalik semua kelebihan-kelebihan tersebut, Anda juga perlu mengetahui apa saja kelemahan-kelemahannya.

Ada beberapa kelemahan dari penggunaan Bitcoin yang perlu Anda ketahui, yaitu”

  • Tidak stabil

Sayangnya, mata uang Bitcoin ini masih belum stabil. Bisa jadi, nilai tukar hari ini sedang naik dan beberapa hari kemudian, nilai tukarnya menjadi turun. Hal ini menjadi hal yang biasa karena memang nilai tukar uang Bitcoin ini belum stabil.

  • Sangat berisiko untuk dicuri atau hilang

Dikarenakan Bitcoin tidak memiliki bentuk fisik, hal inilah yang menyebabkan akun rekening Anda dapat dicuri atau hilang dengan mudahnya. Apabila file yang disimpan dalam hard disk peralatan elektronik yang Anda miliki, suatu saat benda itu bisa saja rusak.

Selain rusak, virus yang terdapat pada perangkat tersebut bisa merusak file dari Bitcoin wallet tersebut. Ditambah lagi, risiko untuk di hack oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab sangatlah besar. Jadi, uang Anda yang disimpan dalam Bitcoin wallet tersebut masih belum tentu lebih aman meskipun sudah menggunakan keamanan yang canggih sekalipun.

  • Alat pencucian uang

Dikarenakan Bitcoin tidak dicampur tangan oleh lembaga keuangan atau pemerintah manapun, hal ini yang membuka peluang untuk melakukan berbagai macam tindakan kriminal seperti penghindaran pajak dan pencucian uang.

Itulah kelemahan-kelemahan yang akan Anda hadapi jika masih ingin menggunakan Bitcoin. Apabila Anda tidak memiliki masalah mengenai kelemahan-kelemahan tersebut, Anda bisa terus menggunakan Bitcoin rupiah ini untuk melakukan segala macam jenis transaksi keuangan yang diinginkan.