Meminum kopi sering dihubungkan dengan munculnya inspirasi. Meminum kopi hangat atau dingin memberikan sensasi tersendiri bagi penikmatnya. Beraneka macam kopi pun banyak dipasarkan di Indonesia. Banyak penjual kopi mulai dari warung kopi yang menjual kopi dengan harga murah hingga caffe yang menjual kopi dengan harga yang mahal. Setiap kopi memiliki keunikan sendiri, dan memuaskan para pelanggannya.

Efek Negatif dari Meminum Kopi

Dibalik rasa pahitnya yang nikmat, kopi juga memiliki efek samping untuk peminumnya. Terlalu sering meminum kopi juga tidak baik untuk kesehatan. Kopi dapat berefek pada kesehatan gigi, inkontensia, insomnia, masalah pencernaan dan sakit kepala. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana kopi bisa menyebabkan efek samping tersebut.

  1. Mengganggu Kesehatan Gigi

Warna hitam pada kopi dapat menyebabkan gigi menguning. Gigi orang yang sering meminum kopi akan sulit untuk memutihkan giginya kembali. Saat ini juga sudah banyak produk pasta gigi yang khusus untuk perawatan gigi bagi orang yang suka meminum kopi.

  1. Menyebabkan Inkontensia

Inkontensia adalah penyakit dimana seseorang tidak bisa mengontrol buang air kecil. Artinya ia akan buang kecil secara berlebihan dan terlalu sering. Kafein dalam kopi inilah yang dapat menyebabkan kondisi tubuh mengalami inkontensia.

  1. Penyebab Insomnia

Mungkin kita sering mendengar bahwa meminum kopi dapat membuat kita terjaga sepanjang malam. Jika Anda membutuhkan waktu untuk lembur mungkin meminum kopi bisa menjadi solusi. Tetapi jika tidak, Anda bisa mengalami insomnia atau sulit tidur. Hal ini akan menyebabkan Anda tidak produktif pada siang harinya.

  1. Sakit pada Sistem Pencernaan

Kopi merupakan salah satu makanan yang mengandung asam. Oleh sebab itu mengonsumsi kopi dapat menyebabkan sakit perut. Terutama bagi mereka yang memiliki penyakit magh. Hati-hatilah saat meminum kopi dalam keadaan perut kosong, resiko sakit perut dapat terjadi lebih besar.

Demikianlah beberapa efek samping kopi yang dapat terjadi jika berlebihan dalam meminumnya. Aturlah dosis dalam meminum kopi agar tetap sehat dan terhindar dari efek samping.