Mengkopi dokumen tentu bukanlah suatu hal asing lagi bagi kita saat ini. bahkan mesin fotocopy sudah populer sejak bertahun-tahun silam. Hanya saja kecanggihan dan fitur didalamnya yang mungkin sudah semakin canggih saat ini. Membuka usaha mesin fotocopy juga sudah banyak dilakukan oleh pelaku bisnis. Penyewaan mesin fotocopy juga sudah banyak ditemukan jika pelaku bisnis jasa mengkopi belum memiliki mesin fotocopy mereka sendiri.

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Dalam Bisnis Fotocopy

Penyewaan mesin fotocopy sering kali menyewakan mesin mereka untuk para pebisnis yang ingin membuka bisnis fotocopy namun belum memiliki mesin sendiri. Hal tersebut memang bukanlah hal baru karena pelaku bisnis fotocopy dapat menghemat pengeluaran awal namun tetap bisa menjalankan bisnis mereka. Namun, menyewa mesin fotocopy untuk berbisnis haruslah disertai dengan pertimbangan penting lainnya agar bisnis tetap dapat berjalan. Hal tersebut dikarenakan banyak pebisnis jasa fotocopy yang melakukan beberapa kesalahan sehingga menyebabkan usahanya bangkrut.

  1. Memilih lokasi yang tidak tepat

Kesalahan yang paling sering membuat bisnis fotocopy bangkrut adalah salah memilih lokasi bisnis. Bisnis jasa fotocopy hendaknya berada di daerah ramai seperti sekitar kampus, perkantoran, sekolah dan pinggir jalan. Jangan meletakan usaha fotocopy di dalam gang sempit yang sulit dijangkau oleh banyak orang. Memang mendapatkan tempat strategis untuk berbisnis saat ini semakin sulit, namun hindari lokasi-lokasi yang sekiranya tidak akan membuat bisnis berkembang.

  1. Memaksakan menggunakan mesin yang baru

Harga mesin fotocopy memang sangat bervariasi, tergantung dari fitur dan kualitas mesin tersebut. Namun, mayoritas harga mesin fotocopy yang lumayan bagus sekitar 10 juta ke atas. Bagi pemula yang memiliki modal terbatas tentu saja kesulitan untuk melengkapi semua kebutuhan, termasuk mesin fotocopy baru. Sebagian dari mereka malah memilih kredit mesin baru yang harganya bisa menjadi dua kali lipat.

  1. Memulai bisnis dengan menyewa mesin

Keterbatasan modal memang menjadi hambatan yang sangat besar untuk memulai suatu usaha, termasuk usaha fotocopy. Banyak pelaku bisnis yang memilih untuk ke penyewaan mesin fotocopy dan menggunakannya untuk memulai usaha. Hal demikian tidaklah dianjurkan karena modal dan keuntungan yang didapat nantinya tidaklah seimbang.