Organ tubuh yang sangat penting dan menjadi salah satu organ tervital adalah paru-paru, organ ini terletak di dada bagian kanan. Fungsi dari paru-paru ini adalah untuk membantu bernafas, oksigen yang dihirup oleh hidung akan diolah oleh paru-paru menjadi zat yang berguna untuk tubuh. Nyawa kita akan terancam apabila paru-paru sudah rusak akibat dari penyakit yang menyerang, jika seperti itu maka kita sangat sulit untuk bernafas.

Tips Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Paru-paru merupakan organ tubuh yang terdiri dari gelembung, gelembung ini yang menjadi tempat pertukaran antara oksigen dan juga karbon dioksida. Gelembung yang terdapat pada paru-paru ini mencapai 700 juta dengan ukuran gelembung berbeda tergantung dari letak gelembung tersebut.

Untuk menjaga kesehatan paru-paru dan juga meningkatkan kinerja dari paru-paru ini maka kita harus rutin melakukan tips menjaga paru agar sehat berikut ini.

  • Menjaga Udara Agar Tetap Bersih

Tips yang pertama adalah kita harus menjaga udara di sekitar kita agar tetap bersih, kebersihan udara akan dapat diwujudkan apabila lingkungan sekitar rumah terjaga. Untuk meredam polusi udara maka jika kita mau melakukan dan juga melakukan aktivitas maka kita harus menggunakan masker untuk menyaring udara yang masuk ke hidung. Selain itu untuk membuat udara tetap bersih sangat perlu untuk menanam pohon di sekitar rumah.

  • Menjaga Berat Badan

Kurang maksimalnya fungsi dari paru-paru itu dapat disebabkan oleh berat badan yang berlebih, kelebihan berat badan bukan saja akan membuat penyakit paru-paru tetapi juga akan membuat kolesterol tinggi dan juga tekanan darah tinggi.  Maka dari itu jagalah berat tubuh agar tetap ideal supaya umur kita panjang, tubuh akan tetap ideal apabila pola makan sehari-hari itu teratur.

  • Hindari Makanan Yang Berbau Tajam

Paru-paru akan sangat sensitif terhadap bau tajam yang dikeluarkan oleh makanan, contohnya adalah bau basi makanan dan juga bau makanan yang menyengat seperti durian. Jika memiliki penyakit paru-paru maka jauhilah sumber bau tersebut dan lakukan terapi jika bau tersebut sudah terhirup.