Permasalahan kulit berminyak sering dialami oleh kita sebagai penghuni negara beriklim tropis. Oleh karena itu hadirnya pelembab wajah untuk kulit berminyak sangat dibutuhkan oleh sebagian besar masyarakat yang tinggal di iklim tropis, salah satunya negara Indonesia. Untuk mengatasi permasalahan kulit berminyak tersebut terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan. Salah satu cara yang dipercaya efektif untuk mengatasi kulit berminyak adalah dengan menggunakan masker wajah, selain bisa mengatasi kulit berminyak masker wajah juga efektif untuk melembabkan kulit.

Masker Lumpur

Ternyata tanah liat yang sering kita jumpai sehari-hari dapat menjadi bahan yang efektif untuk menghilangkan minyak berlebih. Caranya cukup sederhana gunakan satu sendok makan tanah liat kemudian campurkan dengan satu sendok witch hazel dan air secukupnya. Kemudian campuran tersebut diaduk sampai merata dan oleskan di permukaan kulit wajah Anda. Bisa juga ditambahkan jeruk nipis sebagai pengharum sekaligus mengurangi produksi minyak berlebih.

Jangan terlalu sering menggunakan masker lumpur, karena lumpur apalagi yang ditambah perasan jeruk nipis sangat efektif untuk mengangkat minyak. Jika terlalu sering dikhawatirkan justru membuat kulit menjadi kering, jadi pakailah secukupnya agar kulit tetap lembab.

Masker Yoghurt

Selain tanah liat atau lumpur, bahan yang bisa dipercaya bisa digunakan untuk mengangkat minyak berlebih adalah yoghurt. Yoghurt juga bisa dijadikan sebagai pelembab wajah untuk kulit berminyak karena kandungan yang dimilikinya. Untuk membuat masker dengan bahan dasar yoghurt caranya sangatlah simpel, karena tidak memerlukan campuran dari bahan lain. Cukup sediakan yoghurt murni atau yoghurt tanpa rasa, kemudian oleskan ke seluruh permukaan wajah Anda dan diamkan selama 15 menit. Kemudian basuh dengan air bersih, dengan demikian maka minyak di wajah Anda akan berkurang.

Yang perlu diperhatikan ketika membuat masker wajah untuk kulit berminyak adalah jangan menggunakan bahan yang terlalu kental, bila perlu tambahan air sedikit ditambah agar teksturnya menjadi lebih cair. Kemudian setelah menggunakan masker basuhlah dengan air yang bersih sembari dipijit-pijit, agar tidak ada kotoran yang tersisa. Dengan demikian maka Anda tidak perlu bingung untuk mengatasi kulit berminyak dan mencari pelembab wajah untuk kulit berminyak.