Membuka sebuah bisnis atau usaha bukanlah suatu hal yang mudah. Teori juga mengatakan bahwa 80% dari pebisnis yang sukses pasti pernah mengalami kegagalan pada awal membuka usaha. Semakin sering mengalami kegagalan, maka akan semakin banyak pelajaran yang diperoleh untuk menjadi lebih baik. Untuk itu, bagi Anda yang sudah ingin membuka sebuah bisnis, lebih baik siapkan mental dari sekarang untuk mengalami risiko kemungkinan gagal dikemudian hari.

Untuk memulai sebuah bisnis, ada banyak hal yang harus dipersiapkan dan dipertimbangkan. Salah satunya adalah peluang. Peluang merupakan poin yang sangat vital ketika membuka sebuah bisnis. Anda harus bisa membaca peluang dengan melihat kebutuhan dari masyarakat sekitar. Lalu bagaimana cara melihat peluang bisnis?

Jenis-Jenis Usaha Yang Cocok Di Lingkungan Kampus

Kali ini saya memberikan contoh jika Anda berdomisili dekat dengan perguruan tinggi. Mahasiswa adalah sasaran empuk untuk membuka bisnis. Ada banyak sekali kebutuhan mahasiswa yang bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis. Berikut adalah beberapa peluang bisnis yang bisa diterapkan dilingkungan mahasiswa:

  1. Usaha kontrakan atau kost

Hal pertama yang paling dibutuhkan mahasiswa adalah tempat tinggal. Seperti yang kita ketahui, sebagian besar mahasiswa adalah anak perantauan yang pasti membutuhkan tempat tinggal. Membuka kontrakan atau kost adalah usaha yang memiliki peluang sangat bagus.

  1. Usaha warung makan

Jika Anda tidak memiliki banyak modal, membuka warung makan bisa Anda jadikan sebagai pilihan bisnis dilingkungan mahasiswa. Mahasiswa sebagai anak perantauan pasti harus memenuhi kebutuhan sendiri seperti makan.

  1. Usaha fotocopy dan print

Ini adalah jenis usaha yang paling banyak dilakukan dilingkungan mahasiswa. Jasa fotocopy dan print sangat dibutuhkan mereka. Jadi, usaha ini memiliki peluang yang cukup besar mengingat banyaknya tugas dan materi mahasiswa.

  1. Usaha menjual jajanan

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis kecil-kecilan, usaha ini bisa Anda pilih karena tidak membutuhkan biaya yang cukup besar. Mahasiswa sebenarnya hampir sama dengan siswa dalam hal membeli jajan khususnya jajanan yang murah dan enak.