Tubuh membutuhkan air sebanyak dua liter dalam sehari. Tubuh yang kekurangan air akan mengalami dehidrasi dan penurunan fungsi ginjal. Air putih adalah satu – satunya air yang dapat langsung terserap oleh ginjal. Manfaat air putih untuk tubuh sangatlah banyak, namun masih banyak orang yang belum bisa menerapkan bagaimana agar memenuhi kebutuhan air dalam sehari.

Cara Penerapan Minum Air Putih

Meminum air putih dapat dimulai ketika bangun tidur, minumlah air putih sebanyak dua gelas ukuran 250 ml sebelum menyikat gigi dan kondisi perut yang kosong. Setelah itu, biarkan perut kosong hingga kurang lebih setengah jam setelahnya.

Minumlah air putih satu gelas setiap 30 menit sebelum makan. Dengan ini maka akan menekan rasa lapar yang menyebabkan tubuh ingin mengonsumsi banyak makanan. Lakukan penerapan ini secara perlahan, awalnya memang sulit tetapi jika sudah terbiasa maka akan lebih menikmati cara ini.

Manfaat Air Putih untuk Tubuh

Air putih sangat baik untuk kesehatan tubuh. Meminum air putih dapat mengurangi risiko penyakit ginjal. Air putih akan langsung diserap dan diproses dalam ginjal menjadi urin tanpa ada endapan. Sehingga, proses ekresi pun semakin lancar.

Selain itu, air putih juga sudah banyak digunakan untuk diet. Mengonsumsi banyak air putih sebelum makan akan membantu menekan rasa lapar. Mengonsumsi air putih yang banyak juga akan memperlancar sistem pencernaan. Perut akan terhindar dari sembelit dan susah buang air besar menjadi lancar.

Mengonsumsi air putih ketika perut sedang dalam keadaan kosong juga dapat berfungsi untuk detoksifikasi racun dalam tubuh. Minum air putih dapat membantu meningkatkan produksi sel otot dan sel darah baru.

Air putih juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Banyak mengonsumsi air putih akan membuat kulit menjadi lebih segar dan terhindar dari dehidrasi. Kekurangan air dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kering. Kulit yang kering tidaklah sehat karena dapat menyebabkan iritasi jika sampai terkelupas.

Demikian artikel tentang manfaat air putih untuk kesehatan tubuh.