Memiliki halaman rumah yang rapi dan bersih adalah dambaan setiap orang. Selain enak dipandang, halaman yang bersih dan rapi juga akan membuat nyaman. Salah satu hal yang dilakukan untuk membuat halaman tampak bersih dan rapi adalah dengan memasang paving block. Paving sebenarnya sejenis beton namun bentuknya ada bermacam-macam dan bahan dasarnya juga agak berbeda.

Jenis paving saat ini sangat beragam. Hal tersebut tentu memudahkan Anda untung memilih jenis paving. Namun, Anda juga harus jeli ketika memilih. Saat ini banyak produsen paving yang kurang terstandar sehingga produk yang dihasilkan juga kurang maksimal. Akibatnya paving tidak dapat tahan lama.

Tips Memilih Paving Block

Untuk memilih paving block yang berkualitas, ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan ketika hendak membeli paving, yaitu:

  1. Uji ketahanan

Paving yang letaknya di outdoor dan sering diinjak-injak, tentu harus memiliki kekuatan sehingga tidak mudah retak. Uji ketahanan bisa Anda lakukan untuk melihat seberapa besar kekuatan dari paving tersebut. Caranya adalah dengan menjatuhkan paving ke aspal. Jika retak, kemungkinan paving tersebut tidak tahan lama. Namun, jarak untuk menjatuhkan juga perlu Anda perkirakan. Jangan terlalu tinggi ataupun terlalu rendah.

  1. Uji kepadatan

Kepadatan dan kerapatan akan mempengaruhi ketahanan sebuah paving. Anda bisa menilai dengan menanyakan jenis pembuatan paving tersebut. Paving-paving yang diproduksi menggunakan mesin umumnya lebih kuat dan tahan lama dibandingkan dengan paving block manual.

  1. Kekuatan paving

Kualitas paving terdiri dari beberapa tingkatan. Untuk itu, lebih baik Anda menanyakan kepada penjual terkait tingkatan dan jenis kualitas paving. Beberapa jenis paving yang berkualitas adalah K175, K200, K250. Sedangkan paving K50 sampai K100 adalah paving yang berkualitas cukup rendah.

Selain tiga tips diatas, Anda juga harus mencari informasi tentang paving. Selain mencari kualitas, harga juga sebagai bahan pertimbangan. Anda bisa membuka website Pavingblockindonesia.com sebagai bahan pertimbangan Anda ketika mencari paving. Anda juga bisa berkonsultasi dengan customer service yang tertera di website tersebut.