Belakangan ini, kita banyak mendengar berita bahwa ada banyak sekali jenis kosmetik berbahaya yang telah dilarang beredar oleh BPOM. Hal yang membuat kita terkejut adalah bahwa jenis kosmetik terlarang tersebut ternyata cukup populer di pasaran. Bahkan, beberapa dari kita mungkin pernah menggunakan kosmetik tersebut. Oleh sebab itu, kita memang harus lebih teliti dalam memilih sebuah kosmetik. Jangan sampai kita menggunakan kosmetik yang berbahaya bagi kesehatan. Tidak hanya merusak kulit wajah saja, menggunakan kosmetik berbahaya secara terus menerus juga bisa menimbulkan penyakit yang sangat berbahaya seperti kanker kulit.

Inilah Kriteria Kosmetik Yang Aman Digunakan

Berikut ini adalah beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh sebuah kosmetik agar aman digunakan:

  1. Telah memiliki izin edar dari BPOM

Sebaiknya, hindari penggunaan kosmetik yang belum mendapatkan izin resmi dari BPOM. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa kosmetik yang kita gunakan terbuat dari bahan-bahan yang aman karena telah mendapat izin dari BPOM.

  1. Bau tidak menyengat

Meskipun kebanyakan kosmetik telah ditambahkan dengan ekstrak pewangi, namun kosmetik yang berbahaya biasanya tetap menimbulkan bau kimia yang menyengat. Oleh sebab itu, periksa baunya terlebih dahulu sebelum menggunakan kosmetik tersebut.

  1. Tidak menimbulkan panas

Kosmetik dengan bahan berbahaya biasanya akan menyebabkan rasa panas saat dioleskan pada kulit wajah. Bahkan, biasanya akan membuat kulit menjadi mengelupas. Jika Anda menemui kosmetik yang seperti ini, maka sudah pasti bahwa kosmetik tersebut berbahaya untuk digunakan.

  1. Tidak memutihkan kulit dalam waktu cepat

Jika ada produk kosmetik yang bisa membuat kulit tampak putih dalam waktu beberapa hari saja, maka perlu dicurigai apa saja bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kosmetik tersebut. Jangan-jangan menggunakan bahan berbahaya seperti hidrokuinon yang merupakan bahan kimia berbahaya dan telah dilarang penggunaannya dalam kosmetik.

Nah, itulah beberapa kriteria kosmetik yang aman digunakan. Sebaiknya, Anda jangan tergiur untuk menggunakan kosmetik atau krim oplosan yang menjanjikan bisa membuat kulit wajah menjadi putih dalam sekejap. Jenis kosmetik-kosmetik oplosan ini sangat berbahaya dan tidak diketahui apa saja komposisi bahan yang digunakan. Jadi, pilihkan kosmetik yang telah memiliki izin BPOM ya!