Sebagai orang tua memperhatikan kondisi kesehatan anak adalah kewajiban yang harus dilakukan, karena jika anak sampai sakit kita sudah gagal menjadi orang tua yang baik. Anak akan selalu dalam keadaan sehat apabila anak tersebut rutin mengikuti imunisasi anak pada setiap bulannya. Memang anak akan lebih kebal terhadap virus dan penyakit apabila rutin diimunisasi, tidak membutuhkan biaya banyak untuk melakukan imunisasi ini jadi tidak ada alasan untuk orang tua tidak mengimunisasi anaknya.

Imunisasi Yang Dilakukan Pada Anak Usia Remaja

Imunisasi ini bukan hanya ditunjukkan kepada bayi atau anak kecil saja, imunisasi anak usia remaja juga perlu dilakukan karena penyakit itu menyerang tidak mengenal umur.  Jadi anak remaja juga perlu rutin melakukan imunisasi, biasanya usia yang masih dapat melakukan imunisasi ini sampai dengan umur 12 tahun. Kebanyakan anak yang tidak mau diimunisasi dikarenakan takut untuk disuntik, memang kalau disuntik itu sakit.

Imunisasi ini memang merupakan program unggulan dari pemerintah yang wajib untuk diikuti, dari mulai anak baru lahir sampai dengan usia remaja wajib untuk diimunisasi. Untuk mengetahui apa saja imunisasi yang diwajibkan untuk diikuti oleh anak usia remaja, berikut ini adalah penjelasannya.

  • Varisela

Imunisasi ini ditunjukkan kepada anak yang belum pernah kena cacar air, jadi untuk anak yang sudah kena cacar air tidak perlu melakukan imunisasi ini. Cacar air memang akan sangat merepotkan jika sampai menyerang pada usia yang sudah remaja, karena bekas dari cacar ini akan sangat sulit untuk hilang.

  • HPV

Imunisasi ini wajib dilakukan anak perempuan pada usia remaja, manfaat dari imunisasi ini adalah untuk mencegah terjadinya penyakit kanker serviks. Memang kanker jenis ini sudah menjadi penyakit yang paling banyak memakan korban, jadi harus cepat dicegah dari usia dini supaya tidak terkena penyakit tersebut.

Itulah beberapa imunisasi anak pada usia remaja yang dapat dilakukan, meskipun usia sudah besar belum tentu kekebalan tubuh sudah sempurna. Jadi masih membutuhkan vaksin untuk memperkuat kekebalan tubuh.