Anda ingin memiliki laptop dengan skin yang mulus? Solusinya adalah dengan menggunakan garskin laptop full body. Garskin sendiri merupakan sejenis stiker dengan material khusus yang memang digunakan untuk menghias skin atau case barang elektronik. Apa saja yang bisa dilindungi oleh garskin? Garskin dapat digunakan untuk melindungi case hp, laptop, tablet, dan berbagai barang elektronik lainnya.

Jenis dan Harga Garskin Full Body

Garskin laptop ini dapat Anda temui di berbagai toko aksesoris komputer. Harganya juga bervariasi mulai dari yang paling murah yaitu sekitar 30 ribu sampai 50 ribu. Untuk garskin laptop full body biasanya memiliki harga yang cenderung lebih mahal. Terlebih jika material yang digunakan yang berkualitas tinggi. Biasanya garskin laptop jenis ini bisa di banderol dengan harga mulai dari 80 ribu sampai 150 ribu.

Garskin memiliki keunggulan dibanding jenis stiker lainnya yaitu lebih mudah dikelupas dan tidak meninggalkan bekas. Dilihat dari jenis bahan dan ketebalannya pun berbeda dengan jenis stiker biasa. Itulah mengapa garskin cocok digunakan untuk melindungi lapisan luar laptop Anda.

Namun biarpun begitu jika Anda menggunakan garskin dalam jangka waktu yang lama ini juga bisa merusak lapisan luar laptop Anda ketika dikelupas. Karena lem perekat pada garskin sendiri memiliki daya tahan hanya sampai 1 dan maksimal 2 tahun. Dipengaruhi juga oleh kondisi laptop Anda yang mungkin cepat panas sehingga bisa menyebabkan lapisan lem perekat justru menempel pada lapisan cat case laptop Anda.

Cara Membersihkan Bekas Garskin di Laptop

Jika sudah begini solusi yang Anda gunakan adalah melepaskan garskin laptop Anda dengan cara yang tepat. Yaitu dilepaskan secara perlahan dari bagian ujungnya terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan bantuan benda tipis yang tumpul seperti penggaris, pisau plastik, pick gitar, atau manual dengan kuku.

Jika ternyata lem pada garskin masih merekat pada lapisan cat laptop Anda dan menimbulkan bekas, maka solusinya adalah dengan membasuhnya menggunakan minyak kayu putih. Cara terakhir adalah dengan menggunakan alkohol atau parfum pada lapisan lem garskin laptop full body yang masih meninggalkan bekas pada lapisan laptop Anda.