Usaha dagang seperti restoran, minimarket, apotek dan sebagainya memerlukan kegiatan penghitungan jumlah transaksi yang dilakukan dalam setiap harinya. Proses tersebut memerlukan ketekunan dan ketelitian. Mesin kasir hadir sebagai salah satu alat bantu untuk meringankan beban dalam menghitung jumlah transaksi yang ada. Pengetahuan tentang jenis dan harga mesin kasir pun menjadi hal yang perlu diketahui agar dapat memilih mesin kasir yang sesuai dengan budget dan kebutuhan.

Memilih jenis mesin kasir sesuai usaha yang dijalankan

Jenis mesin kasir yang banyak digunakan saat ini seperti mesin kasir tablet pos hybrid, mesin kasir android, mesin kasir cash register, dan mesin kasir komputer. Harga mesin kasir yang ditawarkan berbeda-beda sesuai dengan jenis dan fungsi yang ditawarkan. Mesin kasir tablet dan android dibanderol mulai harga sekitar 3 juta rupiah,-. Mesin kasir tablet android ini sangat cocok untuk bisnis yang bergerak dalam penjualan makanan seperti restoran atau cafe.

Mesin kasir cash register merupakan varian mesin kasir khusus portable yang mudah dibawa ke mana saja. Mesin kasir ini terdiri dari layar kecil, keypad dan pencetak struk. Mesin kasir ini banyak digunakan untuk usaha dengan skala kecil dan menengah. Mesin kasir ini dilengkapi dengan  pencetak struk, laci kasir, penyimpanan transaksi, dan software program kasir. Mesin kasir ini dibanderol mulai harga 2,5 juta rupiah.

Mesin kasir komputer sering dijumpai di minimarket maupun toko grosir. Mesin kasir komputer yang lengkap terdiri dari seperangkat komputer yang terdiri dari hardware dan software perlengkapan kasir seperti pembaca barcode dan pencetak struk. Paket mesin kasir lengkap ini dapat ditawarkan mulai harga 5 hingga 7 Juta rupiah tergantung pada penjualnya.

Itulah beberapa jenis mesin kasir serta kisaran harga mesin kasir yang dapat dijadikan referensi untuk memilih mesin kasir yang sesuai dengan kebutuhan usaha. Mesin kasir yang sesuai dengan kebutuhan usaha akan membantu proses penghitungan transaksi dalam usaha yang dijalankan. Menghitung jumlah transaksi sehari-hari pun akan menjadi lebih mudah dan akurat.