Jangan pernah meremehkan kesehatan tubuh kita dengan menjalani pola makan yang sembarangan. Hampir seluruh praktisi kesehatan mengatakan bahwa kesehatan seseorang tergantung pada makanan yang dikonsumsinya. Selebihnya adalah pola aktivitas keseharian dan tingkat stres yang dialami. Ya, stres adalah salah satu penyebab tingginya tingkat kematian dini yang menimpa masyarakat dunia. Stres dapat menimbulkan dampak buruk terhadap kesehatan fisik dan mental seseorang. Dan apabila dialami oleh pasien dalam jangka waktu lama secara terus-menerus, dapat mengakibatkan munculnya penyakit yang menyebabkan kematian.

Munculnya Penyakit Berbahaya Yang Dikarenakan Stres Berkepanjangan

Ada 3 penyakit berbahaya yang mengakibatkan munculnya penyakit berbahaya yang disebabkan oleh tingginya tingkat stres seseorang. Penyakit berbahaya itu adalah jantung, diabetes, dan stroke.

  • Penyakit Jantung.

Banyak sudah penelitian-penelitian yang dilakukan oleh ahli-ahli kesehatan dunia di berbagai negara yang meneliti penyebab utama timbulnya penyakit jantung pada seseorang. Dan riset yang di lakukan negara Belanda menyebutkan bahwa stres secara signifikan mampu memicu terjadinya penyumbatan darah ke jantung yang meningkatkan resiko seseorang mengidap penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular, yaitu gangguan pada jantung dan pembuluh darah.

  • Penyakit Diabetes.

Pemicu penyakit diabetes adalah tidak bekerjanya secara baik organ pankreas untuk memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh. Hormon insulin berfungsi membantu sel-sel dalam tubuh dalam menyerap dan mengendalikan glukosa dalam darah dan mengubahnya menjadi energi. Artinya, seorang pasien penyakit diabetes sangat membutuhkan insulin agar sistem kekebalan tubuhnya berfungsi. Seseorang yang mengalami stres akan mengalami tingkat penurunan kekebalan tubuh yang sangat drastis, yang mengakibatkan sistem tubuh tidak bekerja baik.

  • Stroke.

Stroke adalah kondisi hilangnya fungsi-fungsi otak yang terjadi karena pasokan darah ke otak terganggu akibat dari penyumbatan pembuluh darah atau pecahnya pembuluh darah. Sumber utama terjadinya stroke adalah hipertensi yang dibarengi dengan diabetes dan tingkat kolesterol yang tinggi, dan inilah yang paling sering menyebabkan risiko kematian cukup tinggi di Indonesia.