Permasalahan tulang dan sendi biasanya dialami oleh mereka yang sudah cukup berumur, akan tetapi menjaga kesehatan tulang dan sendi bisa dilakukan dari sedini mungkin. Selain karena kecelakaan permasalahan sendi dan tulang juga biasanya diakibatkan oleh pola hidup dan pola makan yang kurang baik. Aktivitas seperti mengangkat beban yang terlalu berat melebihi kemampuan dan juga terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein atau alkohol, memicu penurunan kualitas tulang dan sendi.

Menambah Asupan Kalsium

Kalsium merupakan nutrisi yang paling dibutuhkan untuk perkembangan tulang dan sendi, selain diperlukan untuk perkembangan kalsium juga berperan dalam menjaga kualitas tulang dan persendian. Memakan sayur-sayuran hijau seperti brokoli, kobis dan lobak membantu menambah asupan kalsium untuk tubuh. Selain sayuran hijau kalsium juga bisa ditemukan pada buah-buahan seperti jeruk dan kacang-kacangan juga mengandung banyak kalsium.

Vitamin D

Salah satu sumber vitamin D yang paling mudah didapat dan gratis adalah cahaya matahari. Dengan berjemur pada waktu-waktu tertentu seperti pagi hari sebelum jam 9 membantu menambah serapan vitamin D di tubuh Anda. Selain dari cahaya matahari vitamin D juga diperoleh dari makanan seperti susu sapi, yoghurt atau hati sapi. Dengan mengonsumsi makanan tersebut secara teratur akan membantu meningkatkan kualitas tulang dan sendi Anda.

Berolah raga Secara Teratur

Selain dari makanan, untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi adalah dengan melakukan aktivitas olah raga secara teratur. Apalagi untuk Anda yang memiliki pekerjaan yang mengharuskan duduk berjam-jam di depan layar monitor. Lakukan olah raga minimal seminggu sekali untuk melemaskan persendian dan menambah kebugaran tubuh.

Menjaga Berat Badan

Satu hal yang mungkin tidak terpikirkan oleh kita, bahwa menjaga berat badan merupakan salah satu hal yang harus dilakukan dalam kaitannya menjaga persendian. Berat badan yang terlalu berlebih memberikan beban yang lebih pula kepada tulang dan persendian kita. Dengan beban yang diterima setiap harinya melebihi beban sewajarnya makan sendi kita akan melemah lebih cepat seiring berjalannya waktu. Perhatikan pola makan dan istirahat agar berat badan kita tetap ideal.