Furniture Jepara memiliki ciri khas berupa ukiran kayu yang artistik dan unik. Sebagai salah satu kota penghasil mebel terbesar di Indonesia, Jepara memang terkenal dengan seni ukir kayunya. Ada banyak versi legenda yang menceritakan tentang asal mula Jepara menjadi kota khas seni ukir kayu.

Terlepas dari berbagai versi legenda cerita rakyat tentang asal mula kota Jepara. Bisa dilihat sendiri bahwa hampir setiap kecamatan di kota ini memiliki bengkel tersendiri untuk menyalurkan warga masyarakatnya dalam pembuatan mebel ukir khas Jepara. Keahlian mereka pun diasah dengan adanya pelatihan atau kursus yang membuat mereka semakin ahli dalam melakukan ukir mengukir.

Mengenal Beberapa Motif Ukir Kayu Yang Ada Pada Furniture Jepara

Jika Kita melihat banyaknya motif ukiran pada furniture Jepara mungkin akan berpikir bahwa ternyata motif dan jenis ukiran khas Jepara ada banyak sekali. Padahal secara garis besar untuk motif khas Jepara hanya terdiri dari beberapa jenis motif saja.

Motif yang pertama adalah jenis motif daun Trubusan. Untuk jenis motif yang satu ini pun terdiri dari dua jenis yaitu motif daun Trubusan yang keluar dari relungnya dan yang keluar dari cabangnya. Biasanya motif ini banyak dipakai pada pembuatan ukiran furniture set ruang tamu atau ruang keluarga hingga bufet lemari pajangan.

Kemudian jenis motif yang kedua adalah motif Jumbai. Motif ini biasanya digambarkan dengan motif yang keluar dari relungnya yang mana bagian ujung daun menyerupai kipas. Setelah itu di sekitar motif ini ada banyak tangkai relung yang digambarkan memutar kemudian memiliki banyak cabang yang dihiasi dengan dedaunan kecil yang bisa mengisi ruang yang kosong dalam hiasan furniture.

Beberapa jenis motif lainnya juga banyak digunakan dalam membuat ukiran khas dari Jepara. Namun yang paling dikenal oleh masyarakat hanya kedua jenis motif yang disebutkan di atas dengan beberapa pengembangan yang bisa dilakukan oleh para pengrajin furniture khas Jepara. Sekian informasi singkat dari Kami tentang beberapa jenis motif yang banyak digunakan dalam pembuatan furniture Jepara.