Jadi petani? Loh, kenapa tidak? Ini petani modern gan, yang tidak perlu berkotor-kotor nyangkul masuk ke sawah dan menggiring-giring kerbau untuk membajak sawah. Panas-panasan, kotor, bau, dan lain sebagainya yang mencirikan bahwa itu petani. Oh no!. Jaman sekarang bertani tidak perlu menjadi seorang petani yang identik dengan ciri-ciri tadi gan, tidak pula memerlukan lahan luas berhektar-hektar atau kerbau yang harganya pasti mahal. Hanya perlu luas tanah beberapa meter saja bahkan atap rumah yang tadinya hanya ruang kosong pun bisa dibudidayakan menjadi lahan produktif yang menghasilkan. Dan kamu sudah bisa jadi juragan modern di lahan bertani sendiri.

Jadi Juragan Tani Modern Di Kota Modern

Ketika kamu memutuskan untuk menjadi seorang petani modern di tengah kota, pastikan sebelumnya bahwa kamu mempunyai panduan ilmu yang benar-benar mumpuni di bidang ini. Tidak perlu sampai harus sekolah bertani dulu, kelamaan. Pelajari saja ilmunya dari berbagai sumber, kalau perlu berdiskusi dengan pakarnya. Lakukan yang terbaik untuk mendapatkan informasi sebanyak mungkin sebagai bekal pengalaman nanti ketika usaha mulai berjalan. Karena untuk menjadi seorang petani, perlu mental baja dan kerja keras yang cukup tinggi layaknya petani desa yang pekerja keras.

Di kota modern, yang paling populer di buru masyarakat adalah sayuran dan buah organik yang dipercaya sangat sehat dan memiliki rasa yang lebih lezat. Sistem pertanian organik inilah yang bisa menjadi pilihan bertani di lahan kamu. Setelah proses bertani dijalani dan menunjukkan hasil tani yang bagus, segar, dan berkualitas, barulah tahap menjadi seorang juragan akan menempel kuat. Bisnis akan berlanjut dengan terbukanya pasar di depan mata.

Kamu bisa meraup keuntungan dari kerja keras menanam selama ini dengan hasil pertanian yang bisa dijual sebagai sayuran dan buah organik. Juga bisa mengembangkan usaha menjadi penjual tanaman obat, penyalur sayur dan buah-buahan organik ke supermarket-supermarket ibukota, bahkan kamu bisa membuka peluang usaha baru dengan membuka restoran menu organik yang sekarang ini masih jarang pesaingnya.