Saat ini, sudah banyak usaha yang bisa dilakukan secara sederhana atau kecil-kecilan. Usaha kecil-kecilan ini tidak memerlukan modal besar seperti bisnis-bisnis pada umumnya. Salah satu jenis usaha sederhana yaitu freelancer. Freelancer itu sendiri merupakan pekerjaan yang tidak terpaut oleh pimpinan perusahaan tetapi bisa mendapatkan penghasilan. Sangat banyak jenis freelancer, ada freelancer penulis, freelancer design, freelancer web dan sebagainya.

Tips-Tips Menjadi Penulis Lepas

Berikut ini akan dibahas mengenai freelancer penulis, banyak objek yang bisa ditulis oleh para freelancer penulis lepas tersebut. Mulai dari dokumen dari suatu instansi atau perseorangan, tulisan web, e-book, tulisan pada suatu situs internet dan sebagainya. Freelancer penulis lepas itu sendiri bisa menulis dengan bahasa Indonesia saja atau dengan bahasa lainnya seperti bahasa Inggris. Tetapi biasanya, penulis bahasa Indonesia lebih banyak proyek atau jobnya.

Bagi Anda yang baru ingin mencoba menjadi penulis lepas, Anda bisa mencoba mendaftarkan diri pada berbagai situs penyedia proyek tulisan. Sekarang ini sudah banyak situs internet yang menghubungkan seorang owner proyek tulisan dengan para penulis lepas. Sebelum Anda mencoba untuk mendaftarkan diri pada situs internet tersebut atau perusahaan yang membutuhkan penulis, lebih baik Anda kuasi dulu teknik penulisan.

Dengan menguasai teknik penulisan yang baik, maka bisa membantu Anda untuk mengerjakan proyek tulisan tertentu. Teknik penulisan tersebut yaitu seperti EYD, tatanan kalimat/ paragraf, bahasa persuasif, bahasa deskripsi, piramida terbalik dan semacamnya. Untuk penulisan proyek tulisan dengan bahasa Inggris tentunya harus lebih pintar lagi terutama dalam pemahaman grammar. Bagi Anda yang berencana penulis lepas bahasa Inggris, lebih baik Anda lulus TOEFL dengan hasil yang memuaskan.

Hal yang cukup memuaskan dari jenis usaha kecil-kecilan ini yaitu ketika Anda sudah memiliki pelanggan. Anda tidak harus lagi mencari proyek-proyek tulisan yang ada. Biasanya pelanggan tersebut memiliki proyek yang harus diselesaikan pada tenggat waktu tertentu. Setelah pelanggan tersebut memiliki proyek tulisan, maka pelanggan Anda tersebut akan memberi proyek tulisan tersebut kepada Anda. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat.