Istilah metode penelitian bukan lagi hal yang asing bagi kaum intelek akan tetapi hal ini tentu asing bagi masyarakat biasa termasuk pengertian metode penelitian. Metode penelitian adalah sebuah kegiatan ilmiah yang cukup penting dalam kehidupan manusia. Beberapa hal yang menyebabkan adanya metode penelitian ini adalah tuntunan hidup masyarakat yang semakin berkembang, kemajuan teknologi dan inovasi yang semakin merambah ke seluruh lapisan masyarakat hingga rasa ingin tahu yang tinggi dari dalam diri masyarakat.

Apa Itu Pengertian Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif?

Rasa ingin tahu yang besar akan suatu hal biasanya mendorong seseorang untuk melakukan penelitian di mana penelitian tersebut tidak terlepas dari metode penelitian yang harus dilakukan. Metode penelitian merupakan alur atau tahapan yang harus dilakukan oleh setiap peneliti untuk mencapai target atau tujuan dari penelitian yang dibuatnya. Jika Anda tidak memiliki alur penelitian yang jelas maka bisa dipastikan jika Anda tidak bisa menuntaskan penelitian yang tengah dilakukan.

Metode penelitian dibagi menjadi 2 yaitu metode penelitian kuantitatif dan juga metode penelitian kualitatif. Untuk membedakan dari kedua metode penelitian ini bisa Anda lihat dari segi pengertian metode penelitian tersebut yaitu:

  • Metode penelitian kuantitatif

Metode penelitian kuantitatif merupakan tahapan atau alur penelitian secara runtut yang dilakukan untuk memperoleh hasil berupa data-data tertentu dari sebuah penelitian yang dilakukan.

  • Metode penelitian kualitatif

Metode penelitian kualitatif merupakan tahapan atau alur penelitian yang dilakukan untuk mencapai target berupa kualitas atau ada tidaknya suatu hal dari objek penelitian.

Jika dilihat dari pengertiannya, kedua metode penelitian tersebut memiliki perbedaan yang signifikan. Dengan begitu Anda bisa memahami tujuan dari masing-masing metode penelitian yang harus diterapkan pada sistem penelitian yang tengah dilakukan.

Pengertian metode penelitian kualitatif dan kuantitatif tersebut akan membantu Anda dalam membedakan aspek dari kedua metode penelitian tersebut. Dengan memahami informasi yang bisa didapatkan dari situs Sekolahpendidikan.com tersebut akan membuat Anda jauh lebih spesifik membuat penelitian sehingga akan mencapai target yang diinginkan.