Kesehatan anak adalah hal yang harus sangat diperhatikan, jika anak sampai sakit jelas akan membuat orang tua khawatir. Untuk membuat kondisi anak itu selalu sehat maka orang tua harus rutin melakukan imunisasi anak, sehingga kekebalan tubuh dari anak akan menjadi lebih baik lagi.  Tubuh akan menjadi sulit untuk dimasuki oleh virus dan kuman yang berbahaya jika orang tua itu rutin melakukan imunisasi setiap bulannya.

Imunisasi Yang Dibutuhkan Oleh Anak Kecil

Imunisasi adalah kegiatan untuk mencegah virus atau bakteri yang menyebabkan penyakit masuk dalam tubuh, pencegahan ini dilakukan dengan cara pemberian vaksin untuk memperkuat kekebalan tubuh. Jika tubuh sudah kebal maka penyakit akan sulit untuk menyerang, jadi untuk orang tua yang memiliki anak kecil imunisasi anak sangat perlu untuk dilakukan.

Banyak sekali macam imunisasi yang bisa dilakukan, imunisasi ini bisa dilakukan dari anak masih bayi sampai dengan usia dewasa. Banyaknya jenis imunisasi ini juga berdasarkan kebutuhan vaksin yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk mencegah penyakit. Untuk mengetahui apa saja jenis dari imunisasi ini berikut ini adalah sedikit penjelasannya.

  • Hepatitis B

Imunisasi yang satu ini sangat berguna untuk mencegah masuknya virus yang menyebabkan penyakit hepatitis B, penyakit ini sangat berbahaya jika sudah diderita. Akibat dari penyakit ini yang sudah akut akan menyebabkan anak terkena kanker hati, jelas ini merupakan penyakit yang mematikan.

  • Polio

Imunisasi ini wajib untuk dilakukan pada anak usia dini, imunisasi polio ini dapat mencegah anak mengalami kelumpuhan dan mengalami gangguan pernafasan. Sudah banyak anak yang menderita kelumpuhan akibat telat melakukan imunisasi polio ini, jadi ini menjadi perhatian khusus bagi para orang tua.

  • Campak

Penyakit campak memang penyakit yang tidak bisa dianggap remeh, karena sudah banyak anak yang meninggal akibat penyakit ini. Jadi untuk orang tua harus melakukan imunisasi anak campak pada usia dini supaya di saat besar tidak terkena campak. Pemberian vaksin untuk mencegah penyakit ini cukup diberikan satu kali saja jangan lebih dari itu.