Motivasi adalah salah satu hal yang dapat membuat seseorang lebih semangat dalam menggapai suatu tujuan. Begitu pula anak-anak, anak yang masih dalam tahap perkembangan mental dan fisik juga sangat membutuhkan motivasi dari orang tuanya. Kata motivasi yang diucapkan para orang tua, akan membuat sang anak lebih semangat dalam belajar atau mencapai cita-cita.

Pentingnya Motivasi Dalam Suatu Keluarga

Motivasi dapat menciptakan suasana positif dan harmonis dalam suatu keluarga. Tidak hanya motivasi untuk pasangan kita, tetapi untuk anak ataupun orang tua kita. Motivasi dapat berupa semangat atau kata-kata positif yang memiliki arti bahwa seseorang akan dapat menghadapi suatu kendala atau tantangan dengan baik. jika Anda ingin memberikan motivasi kepada salah satu anggota keluarga, maka ciptakanlah suasana yang nyaman terlebih dahulu. Agar si penerima motivasi dapat menerimanya dengan baik. pilihlah waktu yang tepat seperti saat santai atau sambil bercanda.

Yang kedua adalah kita perlu menggunakan kata-kata yang baik. sehingga tidak terkesan menggurui atau memarahi. Terkadang bagi anak-anak, kata motivasi yang disampaikan orang tua layaknya sebuah kemarahan, padahal tidak demikian. Oleh karena itu, Anda perlu memilih kata-kata yang baik dan halus. Berikanlah mereka semangat, dan yakinkan bahwa mereka mampu mengatasi masalah yang ada.

Dalam memberikan motivasi kepada anggota keluarga, janganlah Anda bersikap seperti menyalahkan atau melarang berbuat sesuatu. Tetapi lebih kepada memberikan arahan serta dukungan. Sebagai contoh, ketika anak Anda berkata ingin mengikuti les musik. Jangan serta merta Anda mengatakan bahwa les musik itu tidak penting dan hanya akan mengganggu sekolah. Cobalah untuk menanyakan alasan mengapa ia ingin les musik? Lalu, Anda coba untuk meminta komitmennya bahwa les musik tersebut tidak akan mengganggu kegiatannya di sekolah.

Dengan suasana dan kondisi keluarga yang hangat serta penuh dengan kata motivasi, maka pasangan, anak-anak, atau bahkan orang tua akan merasa semangat dalam menjalani hari-hari. Motivasi yang kita berikan dengan penuh cinta akan membuat seseorang merasa lebih dicintai dan akan semangat dalam menggapai sebuah cita-cita.