Bagi sebagian orang, mungkin melembabkan wajah merupakan hal yang tidak penting, terutama bagi mereka yang merasa kulitnya tidak kering. Orang yang memiliki jenis kulit berminyak atau berjerawat sering kali melewatkan hal ini dalam perawatan kulit mereka. Namun, sebenarnya pelembab atau moisturizer ini adalah elemen penting untuk membuat kulit Anda sehat.

Manfaat Moisturizer

Kunci utama untuk membuat kulit Anda sehat dan bercahaya adalah dengan menjaga kelembaban kulit. Faktanya, kulit yang kering dan dehidrasi akan memicu timbulnya keriput dan penuaan dini. Selain itu, kulit yang kering juga akan terasa tidak nyaman. Maka dari itu, penggunaan moisturizer secara rutin dapat membantu menyamarkan garis-garis halus dan membuat kulit tampak lebih muda.

Banyak produk pelembab yang tidak hanya sekadar mengandung bahan penghidrasi kulit, namun juga mengandung bahan aktif lainnya untuk membantu mengatasi permasalahan kulit. Misalnya saja kandungan vitamin C pada pelembab mampu membantu kulit melawan polusi dan radikal bebas.

Selain itu, moisturizer juga dapat berperan sebagai ‘pengunci’ kosmetik yang telah Anda aplikasikan sebelumnya. Ini dapat memastikan bahwa serum atau toner yang Anda gunakan dapat bekerja dengan lebih optimal.

Moisturizer Tidak Selamanya Krim

Banyak orang yang belum mengetahui moisturizer yang tepat untuk mereka, namun sudah mengatakan bahwa mereka tidak suka menggunakannya. Satu hal yang perlu kita ingat bahwasanya tidak semua pelembab berbentuk krim. Mungkin gel penghidrasi yang menyegarkan dan minyak marula yang Anda gunakan setelah toner memiliki fungsi melembabkan. Ini artinya, mereka juga merupakan moisturizer.

Moisturizer dan Make up Bisa Berdamai kok

Sebenarnya kulit yang sehat dan lembab adalah aset yang sempurna untuk menggunakan make up. Bahkan, pada kulit yang benar-benar lembab hanya memerlukan sedikit foundation dan concealer. Tentu ini tak lepas dari peran moisturizer itu sendiri.

Namun terkadang beberapa orang mengeluhkan bahwa foundation mereka luntur akibat moisturizer.  Jika Anda juga mengalami demikian, mungkin Anda perlu menggunakan primer. Jika tidak, Anda mungkin bisa menunggu hingga setidaknya 5 menit hingga pelembab Anda benar-benar meresap ke dalam kulit sebelum Anda mengaplikasikan make up lainnya.