Setiap pengguna smartphone pasti membutuhkan kartu memori eksternal untuk menyimpan berbagai file dan data. Akan tetapi banyak sekali kasus kerusakan kartu memori sehingga kartu memori tersebut tidak bisa terbaca pada smartphone. Pada dasarnya ada beberapa cara memperbaiki kartu memori yang rusak dengan langkah yang sangat mudah. Namun setiap pengguna smartphone harus mengetahui penyebab kerusakan kartu memori tersebut.

Cara dan Tips Menangani Penyebab Kerusakan Kartu Memori

Pada dasarnya ada beberapa hal yang menyebabkan kartu memori menjadi rusak dan tidak bisa terbaca. Berikut ini merupakan beberapa penyebab secara umum.

– Sering Dipindah

Kartu memori yang sering di lepas pasang dari satu perangkat ke perangkat yang lainnya tentu akan menyebabkan kartu memori tersebut mudah rusak. Karena dengan demikian maka memory card akan menjadi rentan pada masalah-masalah yang bisa membuat memory card tersebut menjadi tidak bisa terbaca. Oleh karena itu usahakan untuk tidak melakukan kebiasaan buruk tersebut.

– Terkena kotoran dan atau minyak

Sebenarnya kartu memori itu harus dijaga dengan baik dari berbagai kotoran. Namun tidak bisa dipungkiri bahwasanya biasanya kotoran akan menumpuk pada kartu memori sehingga mudah untuk rusak. Apalagi jika kartu memori terkena minyak maka membuatnya menjadi sulit kembali untuk digunakan. Namun apabila mengalami kerusakan karena ini, kartu memori masih bisa diperbaiki. Ada beberapa cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa bantuan orang lain.

– Terkena virus perangkat

Virus merupakan salah satu hal yang menjadi pemicu terjadinya kerusakan pada beberapa bagian di perangkat smartphone. Ternyata memory card juga bisa terinfeksi oleh virus sehingga menyebabkan kartu memori tidak bisa terbaca. Virus ini bisa berasal dari perangkat smartphone maupun perangkat komputer. Antisipasi yang tepat untuk mengatasi masalah ini yakni pastikan terlebih dahulu bahwa perangkat komputer yang digunakan untuk menyambungkan dengan smartphone tidak memiliki virus.

Itulah beberapa penyebab kerusakan kartu memori yang perlu diketahui. Setelah mengetahui penyebabnya maka Anda harus tahu bagaimana cara untuk mengantisipasi penyebab-penyebab tersebut dan bagaimana cara memperbaiki kartu memori yang rusak itu. Untuk memperbaikinya maka bisa dilakukan pembersihan kartu memori atau pemformatan kartu memori. Cara lain adalah dengan melakukan pengecekan error kartu SD.